Mengungkap Misteri Kisah Panglima Burung Suku Dayak, Sosok Titisan Anak Nyi Roro Kidul!

0
1152
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Mengungkap Misteri Kisah Panglima Burung Suku Dayak, Sosok Titisan Anak Nyi Roro Kidul!
Copyright©kabarna

Mengungkap Misteri Kisah Panglima Burung Suku Dayak, Sosok Titisan Anak Nyi Roro Kidul!

Lensaremaja.comPanglima Burung kini tengah banyak dibicarakan oleh banyak orang dihubung-hungkan dengan sosok penguasa Laut Selatan Nyi Roro Kidul. Sosok Pangkalima yang merupakan sebutan dari panglima burung tersebut menjadi popular akhir-akhir ini.

Sementara itu kabar ini muncul dipicu kabar rencana pernikahan antara panglima burung suku dayak dengan seorang yang merupakan sosok tokoh mistis Nyi Roro Kidul itu sendiri. Sosok ini sendiri sangat dikaitkan dengan Laut Selatan dan sangat terkenal di Pulau Jwa.

Sosok mitologi Jawa yang disebut-sebut sebagai ratu pantai selatan ini lebih terkenal dibandingkan dengan panglima burung. Bahkan sering sekali sosok ini diangkat ceritanya ke buku cerita maupun ke penggarapan sebuah film.

Sedangkan panglima burung ini bru beberapa tahun ini diperbicangkan dan itupun dalam kondisi tertentu. Nama ini sendiri diambil saat terjadinya tragadi konflik Sampit dan Sambas di pulau Kalimantan sekitar tahun 2001.

Mengungkap Misteri Kisah Panglima Burung Suku Dayak, Sosok Titisan Anak Nyi Roro Kidul!
Copyright©liputan6

Panglima burung ini diyakini oleh masyarakat Kalimantan telah menyatukan suku Dayak yang berada di seluruh daerah di Kalimantan saat itu. Bukan hanya itu saja banyak versi cerita yang mengatakan jika Pangkalima ini sebagai pelindung dari suku Dayak.

Dalam kondisi tertentu masyarakat Dayak pun percaya terkait dengan keberadaan Pangkalima ini. Warga Dayak pun sering melakukan ritual tari perang guna memanggil sosok ini. Mereka meyakini jika sosok jelmaan burung ini mempunyai kekuatan besar dan juga sakti.

Sementara itu cerita lain yang sangat fenomenal yakni tentang Mendau terbang yang mengincar lawan. Mendau sendiri ialah pedang khas Kalimantan yang diyakininya dikendalikan oleh sosok panglima burung dan mulai menggerakannya.

Dengan itu mereka menyimpulkan jika sosok panglima burung yang dikenal itu mencerminkan karakter suku dayak sesungguhnya. Karakter itu sendiri ialah cinta damai, suka menolong, sederhana namun juga bisa beringas dan kejam ketika sedang marah

Suku Dayak sendiri merupakan salah satu suku tertu yang ada di Indonesia saat ini. Suku ini sendiri merupakan warga asli dari Pulau Kalimantan dan juga selalu mengenggam niai dan juga tradisi nenek moyang. Suku ini sendiri dikenal sangat kental dengan dunia ghaib yang  salah satunya terkait cerita Pangklima.

baca lain Berita Terkini: Viral di Youtube, Seorang Gembel Meminta Makan di Restoran KFC, Ini yang Terjadi!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY