Heboh Tindakan Persekusi di Medsos, Begini Cara Menghindarinya!

0
52
Share on Facebook
Tweet on Twitter
media-sosial
Copyright ©sidomi

Heboh Tindakan Persekusi di Medsos, Begini Cara Menghindarinya!

Lensaremaja.com – Beberapa waktu ini di media sosial telah banyak adanya ajakan tindakan persekusi. Adanya hal tersebut biasanya diserukan kepada sebuah postingan di media sosial yang telah dianggap menyinggung kelompok tertentu.

BACA JUGA : Polisi Ringkus Admin Akun Muslim_Cyber1 Pembela Habib Rizieq, Begini Reaksi Pihak FPI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tindakan persekusi adalah suatu permburuan sewenang-wenang kepada seseorang atau beberapa warga dan disakiti, ditumpas, serta di persusahkan.

Terkait dengan dengan adanya tindakan persekusi pada sebuah postingan di media sosial, Regional Coordinator Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet), Damar Juniarto menilai, adanya tindakan yang dulakukan tersebut akan berdampak pada acaman serius pada demokrasi.

Menurutnya, adanya tindakan persekusi akan dapat membuat proses penegakan hukum seakan-akan tergantung pada tekanan dari massa. Dan biasanya tindakan ini kebanyakan sekarang dilakukan dimedia sosial.

media-sosial
Copyright ©ilustrasi

Pada media sosial ada sejumlah etika yang patut untuk diturut pada saat ingin memposting sesuatu. khususnya untuk menghindari adanya tindakan persekusi yang dapat merugikan diri sendiri. Oleh karena itu, berikut tips yang diberikan Direktur Eksekutif ICT Watch, Donny B.U terkait dengan beretika dalam media sosial.

“Think before posting. Karena orang kan mentang-mentang pakai media sosial, gadget, lalu seolah tidak berhadapan langsung dengan yang bersangkutan. Merasa tidak ada konsekuensi,” ujarnya.

BACA JUGA : Siapa Sebenarnya Pengunggah Chat Habib Rizieq dan Firza Husein ke Media Sosial?

Pihaknya menyarankan kepada netizen untuk mempertimbangkan segala konten yang ada di media sosial mereka yang telah berdasar pada tiga langkah ini.

  1. Bayangkan mengucapkannya langsung

sebelum mengunggah beberapa hal di media sosial, bayangkan jika semua itu dilakukan secara langsung dihadapan orang yang bersangkutan. Jika timbul keraguan, maka alangkah baiknya jika tidak mengunggahnya karena mungkin akan menyinggung perasaan orang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY