Berita Terkini: Soal Aliran Dana ke Amien Rais, Begini Tanggapan Siti Fadilah!

0
161
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Siti Fadilah
Copyright ©Antara

Berita Terkini: Soal Aliran Dana ke Amien Rais, Begini Tanggapan Siti Fadilah!

Lensaremaja.com – Terkait dengan adanya aliran dana sebesar Rp 600 juta ke rekening pribadi milik pendiri Partai  Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, tidak diketahui oleh mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Sipari. Walau dalam persidangan yang dijalani, adanya aliran dana tersebut menjadi fakta dalam persidangan.

BACA JUGA : Berita Terkini: KPK Dituduh Lakukan Pembunuhan Karakter ‎Amien Rais, Ini Kata Din Syamsuddin!

Siti menganggap, kalau adanya dugaan aliran dana yang telah diterima oleh Amien Rais tersebut tidak ada kaitannya dengan dirinya. Dia juga mengaku kalau tidak ada dana yang telah diberikan kepada yang bersangkutan.

“Kami tidak tahu, saya dengarnya saja dari persidangan ya. Tidak ada satu pun dari saya, tidak ada dana dari saya atau ke saya,” kata Siti setelah selesai mengikuti persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Pihaknya merasa kalau tidak memiliki kepentingan dengan partai politik manapun terkait dengan hal tersebut. Soal ini termasuk kepada PAN yang sebelumnya juga pernah dipimpin oleh Amien Rais dan Soetrisno Bachir.

Dalam sidang yang telah berlangsung, jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyatakan kalau Siti terbukti menyalahgunakan wewenangnya untuk proyek pengadaan alat kesehatan (alkes) guna mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) tahun 2005, pada Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan (PPMK) Departemen Kesehatan.

Amien Rais
Copyright ©indopolitika

Dalam tuntutan yang telah dibacakan oleh jaksa dalam sidang, sejunmlah uang telah mengelir kepada pihak swasta dalam pengadaan alkes, termasuk mengalir kepada rekening mantan Ketua Umum PAN, Amien Rais.

BACA JUGA : Berita Terkini: Sambut Amien Rais, Pengamanan Gedung KPK Ditingkatkan!

Jaksa menganggap kalau dalam kegiatan pengadaan alkes untuk mengantisipasi KLB pada tahun 2015 lalu, Siti telah melakukan pembuatan surat rekomendasi mengenai penunjukan langsung. Dia juga telah meminta kepada kuasa pengguna anggaran dan pejabat pembuat komitmen, Mulya A Hasjmy, untuk langsung menujuk PT Indofarma Tbk sebagai perusahaan untuk penyedia barang dan jasa.

Pada tahun 2005 lalu, SIti juga sempat beberapa kali melakukan pertemuan dengan Direktur Utama PT Indofarma Global Medika Ary Gunawan dan Nuki Syahrun selaku Ketua Sutrisno Bachir Foundation (SBF). Sedangkan Nuki sendiri diketahui merupakan adik dari Ketum PAN, Sutrisno Bachir.

Jaksa menilai kalau penunjukan langsung kepada PT Indofarma adalah bentuk bantuan dari Siti kepada PAN. Sedangkan untuk pengangkatan Siti Fadilah sebagai Menteri Kesehatan adalah hasil dari rekomendasi Muhammadiyah.

“Saya dituduhnya adalah dikira punya hubungan dengan Indofarma, itu tidak betul. Fakta persidangan, saya tidak hubungan dengan Indofarma dan Soetrisno Bachir. Saya tidak tahu menahu yayasan SB atau pun Amien Rais,” tutup Siti.

BACA JUGA : Berita Terkini: Amien Rais Dipastikan Akan Tetap ke KPK Hari Ini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY