Ini 4 Macam Kategori Pengguna FB, Kamu Termasuk Mana?

    0
    20
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Ilustrasi FB (1)
    Copyright ©AFP

    Ini 4 Macam Kategori Pengguna FB, Kamu Termasuk Mana?

    Lensaremaja.com – Secara harian sebanyak 1,28 miliar orang telah membuka Facebook (FB) miliknya. Sedangkan secara bulanan terhitung mencapai 2 miliar orang. Dalam kurun waktu satu hari. Rata-rata pengguna telah menghabiskan waktunya selama 30 menit untuk mengaksesnya.

    BACA JUGA : Berita Terkini: Ini Cara Terbaru FB Perangi Berita Hoax!

    Tiga orang profesor dari Brigham Young University melakukan penelitian terkait adanya hal tersebut. Dari beberapa orang yang telah ditelitinya. Para prfesor tersebut telah mengidentifikasi ada empat macam pengguna FB, yaitu relationship builder, town crier, selfie, dan window shopper.

    1. relationship builder

    Pengguna yang mengunggah post, menanggapi unggahan orang lain, dan memperkuat hubungannya dengan beberapa orang yang ada di luar sana dengan menggunaka fitur-fitur yang ada di media sosial FB ini.

    “Mereka menggunakan Facebook sebagai perpanjangan dari kehidupan nyata mereka, dengan keluarga dan teman-teman mereka,” ujar Robinson, salah satu peneliti.

    FB (1)
    Copyright ©DetikNET
    1. Town Crier

    Pengguna dalam kategori ini menunjukkan adanya celah yang lebih besar diantaran dunia nyata dan duni maya. Banyak dari mereka yang tidak terlalu memperdulikan untuk berbagi cerita, foto, dan informasi lainnya yang menyangkut kehidupannya.

    “Mereka malah ingin memberitahu semua orang tentang apa yang sedang terjadi,” kata Robinson.

    BACA JUGA : Akan Ada Fitur Pencari Wi Fi di FB?

    Bahkan mereka juga menginformasikan ulang berita dan acara, namun kemungkinan mereka mengabaikan profil FB milik mereka sendiri. Kebanyakan dari mereka memiliki menyukai adanya kabar dari keluarga, teman-teman mereka dengan beberapa cara lainnya.

    1. Selfie

    Dalam kategori ini digunakan oleh FB untuk melakukan promosi diri sendiri. Mereka telah mengunggah sebuah foto, video, dan teks. Namun, apa yang telah dilakukannya itu miliki tujuan untuk mendapatkan perhatian, like, dan juga komentar. Melalui sebuah pernyataan dapat mengetahui pengguna dengan kategori ini.

    “semakin banyak notifikasi like di Facebook saya, semakin saya merasa diterima oleh teman-teman saya”.

    1. Window Shopper

    Bagi pengguna jenis ini, mereka seakan-akan memiliki kewajiban untuk selalu ada di FB, akan tetapi mereka jarang untuk mengunggah informasi terkait dengan dirinya sendiri. Dalam kategori Window Shopper ini mereka ingin melihat apa saja yang dilakukan oleh orang lain. Karena mereka menilai kalau media sosial dapat memberikan kesetaraan agar saling melihat profil orang lain.

    BACA JUGA : Belum Puas, Mark Zuckerberg Ungkap Misi FB di Kehidupan yang Akan Datang!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY