Mengapa Hari Ibu Perlu Diperingati, Ini Alasannya !

    0
    245
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    hari-ibu
    Copyright ©pendoasion

    Mengapa Hari Ibu Perlu Diperingati, Ini Alasannya !

    Lensaremaja.com – Peringatan untuk Hari Ibu di Indonesia telah jatuh pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Peringatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghargai dan menghormati peran seorang ibu dalam kehidupan yang kita jalani.

    Peringatan Hari Ibu ini juga telah dilakukan oleh seluruh dunia, namun waktu peringatan ini disetiap negara berbeda-beda. Peringatan ini berawal dari Yunani dan Romawi pada masa lalu, sehingga peringatan ini terus dilakukan.

    Menurut mitalogi Yunani, perayaan ini pada masa tersebut telah dilakukan dengan ditujukan kepada Dwei Rhea, yang diketahui adalah seorang istri dari Cronus dan ibu dari banyak anak dewa.

    Sedangkan di orang Romawi kuno, yang telah menggelar perayaan festival untuk musim semi yang diberikan nama Hilaria, perayaan yang telah dilakukan ini didedikasikan kepada Cybele atau Dewi Ibu.

    Hingga saat ini telah diperingati oleh 46 negara yang ada di dunia. Biasanya pada perayaan Hari Ibu ini banyak orang yang berkesempatan mengucapkan rasa terima kasihnya dan penghormatan kepada ibu yang telah membesarkan kita.

    hari-ibu
    Copyright ©Reuters

    Walau seharusnya hal tersebut dilakukan kepada ibu setiap hari. Sedangkan di Indonesia sendiri telah memperingati Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember. Bedasarkan Dekrit Presiden Soekarno Nomor 316 Tahun 1953, yang telah betetapan dengan ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia.

    Diketahui sebelumnya, Kongres Perempuan Indonesia yang pertama kalau diadakan pada tanggal 22-25 Desember 1928. Sedangkan organisasi perempuan yang sudah ada sejak tahun 1912, yang telah terinpirasi kepada beberapa perempuan Indonesia, yaitu Kartini, Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Rasuna Said, dan lain-lain.

    Akan tetapi, Kongres Perempuan Indonesia ini baru diadakan pada tahun 1928. Sedangkan peringatan Hari Ibu yang ada di Indonesia ini awalanya diperingati untuk semangat yang telah ditujukkan oleh wanita Indonesia.

    Dan peringatakan tersebut juga bertujuan untuk mengingat untuk berbangsa dan bernegara. Akan tetapi, kini Hari Ibu adalah salah satu perayaan yang ditunjukkan kepada kasih sayang yang telah diberikan oleh seorang ibu.

    baca juga : Makna Sejarah dan Hikmah yang Bisa Didapatkan Saat Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW !

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY