Siapa Eiko Ishioka yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

    0
    29
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Google
    Copyright ©Google

    Siapa Eiko Ishioka yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

    Lensaremaja.com – Pada laman mesin pencarin Google hari ini, Rabu (12/7/17), menampakkan doodle yang bertemakan fesyen. Ada maneken berkalung meteran kain, terlihat juga ilustrasi yang menunujukkan gaun, baju, hanger yang bagus.

    BACA JUGA : Ini Jasa Besar Eva Ekeblad untuk Dunia Kuliner Hingga Diapresiasi Jadi Google Doodle!

    Bergeser kesamping, dalam doodle hari ini juga memperlihatkan peran serta topeng teater. Adanya ilustrasi yang telah ditampilkan oleh Google ini adalah sebagai bentuk perayaan dari ulang tahun seniman terkenal asal Jepang, Eiko Ishioka, yang ke-79.

    Eiko Ishioka merupakan seorang disainer grafis dan kostum dan juga seorang seniman yang berasal dari Jepang. Ia yang sudah dikenal banyak orang dengan seni pertunjukan dengan menggunakan sebuah kostum yang telah dirancangnya sendiri.

    Piala Oscar, piala Grammy, juga pernah disambetnya atas beberapa karyanya tersebut. Tidak hanya itu, perempuan kelahiran Tokyo 12 Juli 1938 ini juga pernah menjadi nominasi Tony Award. Sedangkan pada tahun 1992, dia menjuarai Academy Award dalam kategori desain kostum terbaik dalam sebuah karyanya di film Francis Ford Coppola.

    Eiko Ishioka
    Copyright ©Brigitte Lacombe

    Terlebih,  Eiko Ishioka juga telah didominasikan dalam Academy Award di kategori yang sama pada karyanya di film Mirror Mirror pada tahun 2012 karya milik Tarsem Singh. Perempuan lulusan Tokyo National University of Fine Arts and Music sejak kecil diperkenal seni oleh ayahnya.

    BACA JUGA : Mengenal Oskar Fischinger, Seniman Visual yang Diperingati Google Doodle Hari Ini!

    Setelah lulus dari pendidikannya itu, Eiko Ishioka memulai karirnya dalam divisi periklanan pada sebuah perusahaan kosmetik Shisedo di tahun 1961, setelah empat tahun berselang dia mendapatkan penghargaan iklan bergengsi di Jepang.

    Di tahun 1985 dia terjun dalam dunia perfilman, sutradara Paul Schrader telah menunjuk Eiko Ishioka untuk menjadi desainer produk pada film buatannya di tahun 1985. Pada saat itu film tersebut berujudul Mishima: A Life in Four Chapters. Perempuan ini juga menjadi seorang disaine kostum untuk teater dan sirkus.

    Dalam video klip Bjork berjudul Cocoon di tahun 2002 telah disutradarainya serta menjadi disainer dari kostum penyanyi Grace Jones pada tahun 2009 lalu. Tepat pada 21 Januari 2012, Eiko Ishioka harus menutup usianya pada umur 73 tahun karena penyakit kanker pancreas.

    BACA JUGA : Eva Ekeblad Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY