Berita Terkini: 7 Karya Mengagumkan Zaha Hadid Semasa Karirnya dari Berbagai Penjuru Dunia!

    0
    41
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Heydar Aliyev Cultural Center (INT) (1)
    Copyright ©INT

    Berita Terkini: 7 Karya Mengagumkan Zaha Hadid Semasa Karirnya dari Berbagai Penjuru Dunia!

    Lensaremaja.com – Arsitek perempuan bernama Zaha Hadid  telah dikenal dengan desain fituristik pada karyanya. Beberapa karya yang telah dibuatnya telah membuat bercak kagum dan telah menjadi inspirasi bagi para arsitek dunia.

    BACA JUGA : Siapa Sebenarnya Sosok Zaha Hadid yang Muncul di Halaman Google Doodle Hari Ini?

    Tak heran jika dirinya menjadi arsitek perempuan pertama kali yang mendapatkan penghargaan bergensi, yaitu Pritzker Prize pada tahun 2004 tahun. Dan penghargaan yang telah didapatkannya ini dijadikan Google sebagai doodle hari ini, Rabu (31/5/17).

    Pada beberapa karya dari Zaha Hadid diseluruh dunia telah menadapatkan banyak pujuan. Akan tetapi, salah satu karyanya yang menuai kontroversi adalah desain Stadion Al Wakrah di Qatar. Dirinya mengklaim kalau bentuk yang diambil untuk atap stadion telah terinspirasi dari layar dhow (kapal layar mesir kino Arab). Akan tetapi tidak sedikit dari orang yang telah menganggap kalau desain dari atap stadion tersebut mirip seperti vagina.

    Berikut beberapa karya dari Zaha Hadid yang sekarang ini menjadi bangunan termegah:

    Vitra Fire Station, Jerman
    Copyright ©pikiran-rakyat.com

    1. Vitra Fire Station, Jerman

    Dalam proyek untuk pembangunan Stasiun Api Vitra inipun dilakakukan pada tahun 1993. Dalam proyek ini telah disebut-sebut sebagai penanda kebesaran nama Zaha Hadid dalam dunia arsitek.

    2. Dongdaemun Design Plaza, Seoul       

    Bangunan yang telah didirkan dengan arsitek perempuan tersebut menjadi pusat kebudayaan yang telah terdiri dari gedung kesenian, museum, lab desain, pasar seni, dan taman budaya dan sejarah Dongdaenum.  Dan telah dijadikan tempat pertunjukan fashion, konser, pertunjukan, pelaksanaan pameran, pusat perdagangan, dan eksebisi.

    BACA JUGA : Mekanisme Antikythera Muncul Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa itu?

    Phaeno Science Centre, Wolfsburg
    Copyright ©pikiran-rakyat.com

    3. Phaeno Science Centre, Wolfsburg

    Sebuah bangunan yang menyerupai gunung es. Dalam bangunan ini telah menjadikan bahan beton, baja, dan kaca diubah menjadi “karya arsitektur yang menghipnotis” dan hal tersebut sukses dilakukan oleh Zaha Hadid.

    4. Sheikh Zayed Bridge      

    Sebuah bangunan jembatakn dengan panjang 842 meter, merupakan jembatan keempat yang telah menghubungkan Abu Dhabi dan dataran utama Uni Emirar Arab.

    Hungerburgbahn, Innsbruck
    Copyright ©pikiran-rakyat.com

    5. Hungerburgbahn, Innsbruck

    Bangunan ini adalah rel kereta api yang tampak elok. Stasiun Hungerburg pada umumnya tergambar megah dengan  menggunakan latar belakang gunung berslaju di Innsbruck.

    6. Heydar Aliyev Cultural Center, Azerbaijan

    Sebuah pusat kebudayaan denga luas yang mencapai 619.000 persegi yang berada di Baku, ibukota Azerbaijan. Dan menjadi tang terpanjang pada stempel prangko nasional Azerbaijan.

    7. MAXXI National Museum of the 21st Century Arts      

    MAXXI Museum Nasional Seni Abad 21 Roma merupakan ruang eksperimen yang telah didirikan untuk eksperimen dan inovasi dalam seni dan arsitektur. Bangunan dengan bentuk tabung tersebut telah memenangkan RIBA Stirling Prize for Architecture pada tahun 2010 lalu.

     BACA JUGA : Mengenal Ferdinand Monoyer, Sosok Ahli Medis yang Muncul di Google Doodle Hari Ini!

     

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY