Siapa Sebenarnya Sosok Zaha Hadid yang Muncul di Halaman Google Doodle Hari Ini?

    0
    14
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Google-Doodle-Hari-Ini-Zaha-Hadid-1
    Copyright ©Google

    Siapa Sebenarnya Sosok Zaha Hadid yang Muncul di Halaman Google Doodle Hari Ini?

    Lensaremaja.com – Pada hari ini, Rabu (31/5/17), mesin pencarian Google telah menampilkan doodle yang telah memperlihatkan seseorang dengan kulit coklat. Dalam gambar tersebut dia telah berada disamping sebuah bangunan dengan cita rasa irsitektur kelas atas.

    BACA JUGA : Ini Dia 5 Kata Kunci Google Paling Banyak Dicari Warganet Saat Bulan Suci Ramadhan!

    Ilustrasi perempuan tersebut adalah Zaha Hadid, ia merupakan arsitek Britania yang memiliki kelahiran Irak.  Sedangkan apa yang telah menjadi spesial hingga Google menjadikan doodle pada hari ini?

    Zaha Hadid adalah seorang perempuan Muslim pertama yang telah menerima sebuah penghargaan Pritzker, yaitu sebuah penghargaan paling bergengsi untuk seseorang yang berprofesi sebagai arsitektur. Dirinya telah meraihnya pada tahun 2004 lalu.

    Tidak hanya itu, Zaha Hadid juga telah meraih penghargaan bergengsi lainnya, hal tersebut dicapainya pada tahun 2010 dan 2011 lalu, yaitu penghargaan Stirling yang bergengsi. Setelah beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2015 dia telah mendapatkan Dame Commander of the Order of the British Empire.

    Google-Doodle-Hari-Ini-Zaha-Hadid-1
    Copyright ©Google

    Sedangkan diketahui kalau perempuan yang merupakan arsitektur tersebut miliki kelahiran 31 Oktober 1950 dan telah menghembuskan nafas terakhirnya pada 31 Maret 199. Sehingga dengan ini, Google telah merayakan pada saat dirinya telah berhasil memenangkan Pritzker Architecture Prize pada tahun 2004 lalu.

    BACA JUGA: Berita Hari Ini: Google dan FB Jadi Korban Penipuan Online!

    Untuk gambar bangunan yang ada pada Google doodle hari ini adalah The Heydar Aliyev Center. Yang telah membuat istimewa dari bangunan tersebut adalah struktur mirip blok yang telah mengelilinginya di Baku, Azerbaijan.

    Pada saat bersamaan ini, adanya bangunan pusat kebudayaan ini telah mendapatkan inspirasi dari desain sejarah Islam, yang telah ditemukannya dalam sebuah kaligrafi dan pola geometris untuk dapat menciptakan seseutu yang dianggap baru.

    Gedung hasil arsitek Zaha Hadid ini juga telah menjadi tuan rumah dalam seni modern oleh Andy Warhol dan Tony Cragg. Tidak hanya itu, juga pernah menjadi tempat untuk pertunjukkan kelas dunia oleh Kitaro dan Alessandro Safina.

    Pada saat awal karyanya tersebut, Zaha Hadid telah memvisualisasikan proyeknya lewat sebuah lukisan yang menyerupai seni modernis abstrak. Dirinya yang telah terkenal dengan pernyataannya, “Ada sudut 360 derajat, jadi mengapa harus menjadikannya satu?”

     BACA JUGA : Mekanisme Antikythera Muncul Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa itu?

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY