Visa Habis, Habib Rizieq Shihab Akan Dideportasi dari Arab Saudi?

0
15
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Habib Rizieq
Copyright ©Merdeka.com

Visa Habis, Habib Rizieq Shihab Akan Dideportasi dari Arab Saudi?

Lensaremaja.com – Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM, Ronny Sompie memastikan, Habib Rizieq Shihab akan dideportase dari Arab Saudi, hal itu akan terjadi jika visa dari Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) tersebut sudah dinyatakan habis.

BACA JUGA : Pengacara Habib Rizieq Shihab Ancam Kepung Bandara Soekarno Hatta, Begini Reaksi Kapolda Metro Jaya!

Terkait dengan hal tersebut, Pengacara Habib Rizieq, Kapitra Ampera mengungkapkan, jika visa di Arab Saudi sudah dinyatakan habis, maka kliennya dipastikan akan pulang lagi ke Indonesia setelah itu.

“Kalau dideprotasi ya pulang. Kan begitu saja, sederhana,” kata Kapitra, Minggu (4/6/2017).

Menurut Kapitra, terkait dengan visa yang telah dipegang seseorang merupakan kewenangan dari negara yang telah dikunjungi. Sehingga dengan ini, visa dari kliennya merupakan kewenangan dari Arab Saudi.

Jika negara Arab Saudi telah menyatakan kalau visa hari Habib Rizieq telah dihabis. Maka hal tersebut akan membuat Imam Besar FPI tersebut harus pulang ke Tanah Air. Sehingga visa tersebut bukan urusan dari pemerintah Indonesia.

Rizieq Shihab
Copyright©tempo

“Soal visa itu kan bukan (urusan-red) pemerintah Indonesia, visa itu soal (urusan-red) negara tujuan. Negara tujuan itu tergantung kebijakan negara itu sendiri. Kan deportasi. Kalau dideprotasi ya pulang,” pungkasnya.

BACA JUGA : Soal Red Notice Habib Rizieq, FPI: Dia Itu Korban!

Sedangan pihaknya juga tidak bisa memastikan kapan visa yang telah dipegang Habib Rizieq akan habis. “Kalau tidak salah bulan ini (Juni). Tapi kan visa itu bisa diperpanjang, tergantung negara tersebut,” tandasnya.

“Kalau izin tinggalnya sudah tidak ada lagi ya pulang, begitu saja. Kalau memang dia tidak boleh tinggal lagi, ya pulang. Gitu saja,” sambungnya.

Walau sudah dipanggil oleh pihak kepolisian dan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pornografi berupa percakapan mesum. Namun hingga sekarang ini Habib Rizieq masih tak kunjung kembali ke Tanah Air.

Sedangkdan Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM, Ronny Sompie memastikan, kalau pemimpin FPI tersebut akan dideportasi oleh Arab Saudi jika masa visanya telah habis. Dia menambahkan kalau hal itu tidak adanya urusan dengan imigran.

“Kalau visa yang dimiliki Habib Rizieq itu kan visa yang diberikan oleh negara tujuan melalui dubesnya. Nggak ada urusannya Imigrasi (Kemenkum HAM) dengan visa tersebut,” kata Ronny di kantornya, Gedung Kemenkum HAM, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (4/6/17).

BACA JUGA : Berita Terkini: Kak Emma Ceritakan Soal Firza Husein dan Habib Rizieq!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY