Mekanisme Antikythera Muncul Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa itu?

    0
    66
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Google Doodle
    Copyright ©Google

    Mekanisme Antikythera Muncul Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa itu?

    Lensaremaja.com – Hari ini, Rabu (17/5/17) , pada laman Google telah kembali menampilkan doodle. Kali ini apa yang telah ditampilkan pada lamannya tersebut memperlihatkan gambar yang berbedar dari sebelumnya. Hal ini untuk memperingati penemuan mekanisme Antikythera yang ke-115.

    BACA JUGA : Mengenal Ferdinand Monoyer, Sosok Ahli Medis yang Muncul di Google Doodle Hari Ini!

    Google telah membuat sebuah ilustrasi dari mekanime Antikythera ini sebagai doodle yang dipasangkan pada hari ini. Semua unsur dalam mekasnisme tersebut telah disusun untuk menjadi bentuk tulisan “Google”.

    Mekanisme Antikythera ini adalah komputer tertua didunia. Penemuan ini diperkirakan dilakukan pada 150 tahun sebelum masehi. Alat ini berupa kalkulator astronomi yang usianya 2000 tahun yang sudah dibuat oleh orang-orang Yanani Kuno.

    Lebih dari seabat lalu, seorang penyelam telah menemukan artefak logam yang merupakan bagian dari mekanisme ini. Setalah dilakukan penelitian dalam beberapa dekade terakhir, para peneliti mulai menguak misteri dalam artefak tersebut.

    Seperti pada pertangahan tahun 2016 lalu, sebuah tim telah berhasil melakukan pembacaan dari 35.000 karakter Yunani yang memiliki ukuran kecil pada artefak mekanisme Antikythera ini. Hal tersebut tenyata telah menjelaskan beberapa keajaiban teknik yang paling mengagumkan sepanjang sejarah.

    Mekanisme Antikythera
    Copyright ©indosatu

    “Mekanisme Antikythera telah mengajarkan kepada kami adalah bahwa para mekanik Yunani kuno dapat merancang dan membangun perangkat yang sangat kompleks. Perangkat itu memiliki skala yang sangat kecil,” ujar Profesor Alexander Jones.

    BACA JUGA : Berita Hari Ini: Google dan FB Jadi Korban Penipuan Online!

    Ada juga beberapa fakta mengenai adanya penemuan mekanisme Antikythera ini:

    1 Pulai Kecil

    Nama Antikythera adalah sebuah pulau yang berada di bagian selatan Yunani. Sedangkan untuk nama ini juga telah diberikan pada nama selat yang berada pulau tersebut. Sedangkan pulai ini hanya memiliki luas 20 kilometer persegi.

    2 Bingkai Kapal Dagang

    Sebuah kelompok pencari harta karun telah melakukan penyelaman dengan kedalaman 150 kaki. Dalam hal itu mereka telah menemukan sebuah bingkai kapal. Belakangan ini telah dipastikan kalau kapal tersebut merupakan kapal dagang milikm bangsa Romawi yang telah tenggelam pada abad ke 1 sebelum masehi.

    3 Dibiarkan selama 50 tahun

    Setelah ditemukan, pada lima puluh tahun yaitu pada tahun 1951 baru dilakukan penelaahan kepada benda mekasnime Antikythera ini. Beberapa puing yang telah ditemukan diyakini kalau dapat dioperasikan secara mekanisme.

    BACA JUGA : Pesawat Angkasa Cassini-Huygens Muncul di Halaman Utama Google Hari Ini, Berikut Sejarah Singkatnya!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY