Berikan Pembekalan, Ini Pesan Jokowi untuk Para Calon Perwira Remaja TNI dan Polri!

0
20
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Jokowi
Copyright ©Liputan6.com

Berikan Pembekalan, Ini Pesan Jokowi untuk Para Calon Perwira Remaja TNI dan Polri!

Lensaremaja.com – Pembekalan kepada kepada Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi dan Polri Tahun 2017 telah diberikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, hal ini dilakukan saat berada di Gedung Olahraga (GOR) Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

BACA JUGA : Berita Terkini: Jokowi Ungkap Alasan Jumlah Orang Miskin di Indonesia Makin Bertambah!

Beberapa pesan pun telah disampaikan oleh Presiden kepada para Capaja yang jumlahnya mencapai 729 orang tersebut. Salah satu pesan yang telah disampaikannya adalah para Capaja harus memiliki pandangan kedepan terkait dengan konsep pertahanan dan keamanan.

Hal itu harus dilakukan, karena adanya perkembangan zaman dan teknologi maka bentuk ancaman kepada pertahanan dan keamanan negera akan terus berubah. Oleh karena itu adanya antisipasi terkait dengan hal tersebut harus dilakukan mulai sekarang.

“Ini masih muda-muda, artinya mereka harus memiliki visi ke depannya seperti apa karena tadi saya sampaikan bawah landscape politik global, ekonomi global, ancaman pertahanan dan keamanan pasti sudah berubah. Oleh sebab itu, harus diantisipasi dari sekarang,” kata Jokowi di Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (24/7/17).

Presiden Jokowi
Copyright ©Liputan6.com

Jokowi mencontohkan, jika dulu alat utama dari sistem pertahana  (alutisista) berupa tank untuk menjaga pertahanan negara dari adanya ancaman. Maka sekarang ini serangan serangan kepada keamanan negara tidak hanya melalui hal tersebut, namun juga dapat melalui dunia maya.

BACA JUGA : Ini 3 Aksi Unik Presiden Jokowi di Hari Anak Nasional 2017!

“Sebetulnya misalnya yang kita adakan itu apakah masih perlu misalnya tank, apakah mungkin sudah berubah menjadi drone, dan cyber security yang diperlukan untuk apa. Itu saja karena negara ini kan besar dengan 17 ribu pulau. Artinya, apa perlu drone yang besar pun kecil untuk misalnya memantau perbatasan, memantau terorisme yang ada di hutan maupun perbatasan misalnya,” jelas Presiden.

Oleh karena itu, Jokowi berharap kepada Capaja, sebagai generasi penerus bangsa agar biasa mengantisipasi adanya segala bentuk ancaman keamanan kepada negera. Pelantikan para Capaja ini dilakukan di Istana Kepresidenan pada Selasa 25 Juli 2017.

‎”Visi seperti itu perwira remaja harus miliki dan memang perubahannya sudah sangat cepat sekarang. Ini mau dilantik di Istana,” papar Jokowi.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Diuntungkan UU Pemilu dari Presidential Treshold 20 Persen!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY