Berita Terkini: Uang Rupiah Baru Resmi Diedarkan Mulai Hari Ini, Bagaimana Dampaknya untuk Ekonomi RI?

0
822
Share on Facebook
Tweet on Twitter
uang-rupiah
Copyright ©Kompas

Berita Terkini: Uang Rupiah Baru Resmi Diedarkan Mulai Hari Ini, Bagaimana Dampaknya untuk Ekonomi RI?

Lensaremaja.com – Pada tahun emisi 2016, Bank Indonesia (BI) yang telah mengeluarkan uang rupiah baru, yang terdiri dari tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang rupiah logam yang memiliki gambar para pahlawan.Apakah dengan dilakukan penerbitan uang rupiah baru ini akan memberikan dampak pada pergerakan rupiah atau perekonomian Indonesia untuk kedepannya?

Analis Pasar Uang PT Bank Mandiri Tbk, Rully Arya Wisnubroto menilai, kebijakan yang telah dikeluarkan oleh BI dan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan, yang telah mengeluarkan uang rupiah baru dengan beberapa gambar dari pahlawan tidak akan memperngaruhi laju kurs rupiah yang terjadi pada saat ini.

“Saya rasa tidak akan berpengaruh terhadap rupiah,” katanya, Senin (19/12/16).

Rully menilai, otoritas moneter yang biasanya telah melakukan penerbitan uang rupiah baru, yaitu BI yang telah melakukan penerbitan uang baru denga cara secara berkala. “Pada dasarnya jumlah uang beredar tidak berubah,” tegasnya.

Pihaknya talah memberikan saran kepada pemerintah dan BI agar tetap memperhatikan kestabilitas makro ekonomi di Indonesia, dilihat dari sisi pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan juga deficit transaksi berjalan. Sehingga dengan ini dapat memperngaruhi nilai dari mata uang rupiah dan ekonomi domestik.

uang-rupiah
Copyright ©sidomi

Paling penting menjaga stabilitas ekonomi makro domestik, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan lainnya,” tuturnya.

Anggota Komite Ekonomi dan Industri (KEIN) sekaligus Pendiri GarudaFood, Sudhamek AWS mengatakan, kebijakan yang telah diambil dalam hal mengeluarkan uang rupiah baru adalah hal yang sangat positif untuk membantu perbankan pada saat ini.

“Sekarang ini likuiditas sedang seret yang disebabkan karena dana hasil tax amnesty masih dalam sektor perbankan, belum disalurkan kembali ke sektor riil,” jelas Sudhamek.

“Kebijakan ini positif untuk membantu peredaran uang dengan catatan secara keseluruhan uang lama tidak ditarik,” tambahnya.

Namun, imbas dari pengeluaran uang rupiah baru ini kepada sektor riil, dirinya mengungkapkan, hal ini baru akan sama di perbankan mampu dalam menyalurkan kredit-kredit baru dalam lekuiditas tersebut.

“Sektor riil akan terpengaruh dengan catatan bank menyalurkan kredit baru,” tandasnya.

baca juga : Berita Hari Ini: Belum Ada Lonjakan Penarikan Uang Menjelang Ancaman Rush Money 25 November !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY