Sejarah dan Tujuan Hari Musik Nasional yang Diperingati Setiap Tanggal 9 Maret!

0
327
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Hari Musik nasional
Copyright ©beranda

Sejarah dan Tujuan Hari Musik Nasional yang Diperingati Setiap Tanggal 9 Maret!

Lensaremaja.com – Mungkin Sedikit yang tahujika Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret rupanya perayaan Hari Musik ini tak hanya berlaku nasional saja ada juga Hari Musik Internasionalyang jatuh pada tanggak 21 Juni.

Sebenarnya mengapa Hari Musik harus ada? Alasannya cukup sederhana untuk mengapresiasi para musisi beserta karya mereka. Lalu mengapa Hari Musik nasional ini jatuh pada tanggal 9 maret? Hal ini pun berkaitan dengan hari lahir pencipta lagu Indonesia Raya, WR Supratman.

WR Supratman sendiri di anugerahi gelar Pahlawan Nasional atas jasanya menciptakan lagu kebangsaan yang hingga saat ini kita dengar dan nyanyikan. Berangkat dari jasa WR Supratman para pegiat musik lalu merayakan hari musik setiap tanggal 9 maret bahkan sebelum di resmikan.

Rencana untuk menjadikan tanggal 9 maret sebagai Hari Musik Nasional sendiri telah disusun sejak tahun 2003, di era opemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri atas usul dari persatuan Artis Artis pencipta Lagu dan penata musik rekaman Indonesia (PAPPRI).

Hari Musik nasional,
Copyright © nyoonze

Namun butuh waktu hampir satu dekade untuk membuat rancangan penetapan hari Musik nasional tersebvut di resmikan. Hari Musik ini sendiri diresmikan opada tahun 2013 silam oleh presiden ke 6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dalam keputusan presiden Nomor 10 Tahun 2013.

Makna dan juga tujuan penetapan Hari Musik Nasional ini adalah untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik nasional, meningkatkan Kjepercayaan diri dan juga motivasi untuk pegiat Musik indonesi dan juga meningkatkan prestasi pada tingkat nasional, regional dan juga internasional.

Oleh sebab itu di setiap peringatan hari Musik Nasional biasanya ada oenghargaan bagi Insan musik Indonesia baik yang masih hidup atau telah wafat. Menurut Keppres Nomor 10 tahun 2013, Musik sendiri merupakan ekspresi budaya Universal yang merepresentasikan nilai luhur dan kemanusiaan yang memiliki peran strategis untuk memajukan pembangunan Nasional.

Bahkan di hari Musik nasional Ini di harapkan, semua orang Indonesia akan lebih menyukai karya yang di hasilkan oleh musisi Indonesia serta instrumen dan warisan musik khas bangsa.

Baca juga :

Sinetron Roman Picisan RCTI Dapat Peringatan KPI Lantaran Sajikan Adegan Ini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY