Berita Terkini: Ada Pesawat Garuda Tergelincir, Bandara Adisutjipto Yogyakarta Masih Ditutup Sampai Pukul 10.00 WIB !

0
176
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Bandara Adisutjipto
Copyright ©Liputan6

Berita Terkini: Ada Pesawat Garuda Tergelincir, Bandara Adisutjipto Yogyakarta Masih Ditutup Sampai Pukul 10.00 WIB !

Lensaremaja.comBandara Adisutjipto Yogyakarta yang masih belum memulai operasi pagi hari ini. Hal ini lantaran adanya badan dari pasawat Garuda Indonesia yang memiliki tujuan Jakarta-Yogyakarta yang telah tergelincir  pada Rabu (1/2/17) malam.

Dan pada pagi ini badan pesawat tersebut yang masih terlihat dikawasan landasan Bandara Adisutjipto. VP Corporate Communication PT Garuda Indonesia Benny S Butarbutar mengungkapkan, bandara ini mulai ditutup setelah adanya jadian tergelicirnya pesawat jenis Boeing 737-800NG dan nomor penerbangan PK-GNK pada pukul 19.50 WIB, Rabu (1/2/17).

Penutupan yang telah dilakukan ini diberlakukan sejak pukul 20.06 Wib hingga pada pukul 23.00 Wib. Dengan adanya kejadian ini penutupan bandara inipun tela h diperpanjang hingga Kamis (2/2/17) pada pukul 10.00 Wib.

“Pagi ini penutupan Bandara Adisutjipto masih diperpanjang hingga pukul 10.00 WIB, karena badan pesawat belum bisa dievakuasi,” kata Benn, Kamis (2/2/2017).

Pihaknya mengatakanm, untuk penerbangan Garuda Indonesia yang berasal dari manapun dan akan bertujuan ke Bandara Adisutjipto ini, semua telah dialihkan untuk sementara waktu ke Solo lantarang adanya kejadian ini.

“Yang jelas seluruh penerbangan Garuda Indonesia yang menuju dan dari Yogyakarta dialihkan ke Solo,” ungkapnya.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Udara yang telah menerbitkan Notice to Airman (Notam), untuk melakukan penutupan Bandara Adisutjipto dengan No B0740/17  sejak pukul 20.06 Wib sampai dengan 23.00 Wib.

“Pesawat overshoot saat mendarat di runway 09 dalam kondisi cuaca hujan deras. Total 126 penumpang pesawat yang terdiri 115 penumpang dewasa, 4 balita dan 7 orang crew termasuk Captain Triyo Kurnia Bahagia dipastikan aman, selamat dan tidak ada yang terluka. Seluruh penumpang GA 258 segera mendapatkan pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setelah di evakuasi,” ungkap Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Israwadi, Rabu (1/2/17).

garuda-indonesia
Copyright ©beritatrans

Dengan adanya kejadian tergelincirnya Garuda Indonesia di Bandara Adisutjipto, beberapa penerbangan yang telah mengalami keterlambatan, pengalihan pendaratan, dan kembali kebandara asal. Diantaranya terjadi pada GA 215 tujuan CGK, NM 275 tujuan PNK, IW 1817 tujuan SUB, GA 677 tujuan UPG, JT 755 tujuan BDG, SJ 235 tujuan CGK, XN 832 tujuan PNK.

PT Angkasa Pura I (Persero) yang telah secara resmi membuka bandara Adi Soemarmo Solo sebagai pendaratan untuk pesawat yang akan melakukan pendaratan di Yogyakarta. Pihaknya juga telah menyediakan transportasi darat kepada penumpang yang menjadi dampak dari pengalihan pendaratan ini, hal ini dilakukan dari Yogyakarta-Solo maupun sebaliknya.

“Saat ini kami akan melakukan koordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk proses investigasi lebih lanjut terkait insiden ini, serta menyiapkan peralatan salvage dan tim dari Surabaya untuk membantu proses evakuasi badan pesawat. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan selama proses evakuasi dan ditutupnya bandara Adisutjipto ini untuk sementara,” kata Israwadi.

baca juga :

Berita Hari Ini: Akhirnya, Tragedi Wings Air Tergelincir di Bandara Semarang berhasil Di Evakuasi !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY