Berita Terkini : Sungai Cikeas Meluap, Ratusan Warga Korban Banjir Bekasi Mengungsi!

0
158
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Banjir
Copyright ©Ilustrasi

Berita Terkini : Sungai Cikeas Meluap, Ratusan Warga Korban Banjir Bekasi Mengungsi!

Lensaremaja.com – Sungai Cikies, Bekasi, Jawa Barat, yang telah meluap dan mengakibatkan banjir  yang terjadi di 14 komplek perumahan. Kejadain yang telah terjadi pada kawasan ini mulai Minggu 19 Februari 2016 kemarin.

Salah satu perumahan yang telah terendam banjir Bekasi ini adalah Bumi Nasio Indah, Jatiasih. Sejak pukul 08.30 Wib, Minggu kemarin, air yang sudah merendam kawasan ini. Sedangkan ketinggian air yang mencapai 50 centimeter.

Kejadian ini lantaran tanggul yang berada di belakang perumahan tersebut telah jebol. Sedangkan air yang terus meninggi lantaran aliran dari sungai Cikies yang terus mengalir hingga pada pukul 21.00 Wib.

“Parahnya semalam (Minggu 19 Februari) sekitar jam 9 malam sepaha, sewaktu saya membeli susu anak saya,” ujar Ayesha Firdaus (31), Senin (20/2/17).

Sedangakan pada Senin pagi air yang sudah mengalami surut mancapai 30 centimeter. Banjir Bekasi ini juga telah merendam rumah di dua RW, yaitu RW 15 dan RW 16. Sedangkan para petugas di Badan Penanggulangan Bencana yang telah ditejunkan melakukan evakuasi kepada para warga dengan menggunakan perahu karet.

Kata Ayesha, diperumahan yang ditinggalinya saat ini terdapat pompa penyedot air. Sehingga dengan ini bila beberapa wilayah tersebut terendam air, makan pompa penyedot tersebut akan membuang air kembali ke Sungai Cikies.

“Di komplek ada penyodot air karena air meluap jadi tidak bisa digunakan,” jelas Ayesha.

Warga yang telah dievakuasi dan diungsikan ketempat yang lebih aman. Tercatat ada 160 jiwa yang telah diungsikan ke Kalibiru akibat adanya banjir Bekasi ini. Dan beberapa korban juga telah diunsikan ke rumah kosong dan rumah kerabat mereka.

Banjir
Copyright ©Dokumentasi Polres Brebes

“Selain di dua lokasi pengungsian di Jatiasih dan Kalibaru, korban banjir juga diungsikan ke rumah kosong dan ada juga di rumah-rumah kerabat,” kata Kasi RR BPBD Kota Bekasi Edi Sukamto.

Penyaluran logistik bantuan bencana telah tiba didua lokasi pengungsian. Sehingga dengan ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan kepada para korban banjir Bekasi yang sedang mengungsi.

“Logistik belum lama ini sudah di Kelurahan Kalbaru yang diambil dari BPBD Bekasi, poskonya di kantor Walikota Bekasi,” lanjutnya.

Adanya banjir Bekasi ini juga telah mengakibatkan bantaran Kali Bekasi di Kelurahan Margahayum yang telah mengalami longsor. “Ada kejadian longsor di bantaran Kali Bekasi di Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur,” ujar Edi Sukamto.

baca juga :

Berita Terkini: Terus Bertambah, Pengungsi Akibat Banjir di Brebes Kini Jadi 4.950 Orang!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY