Ingin Ikut SNMPTN 2017? Begini Cara Memilih PTN dan Prodi yang Tepat!

0
120
Share on Facebook
Tweet on Twitter
SNMPTN
Copyright©Kampuscenter.com

Ingin Ikut SNMPTN 2017? Begini Cara Memilih PTN dan Prodi yang Tepat!

Lensaremaja.com – Siswa yang memenuhi kriteria mendaftar SNMPTN tahun 2017 dipastikan akan menentukan pilihan perguruan. Namun bagi siswa kadang belum bisa memilih program studi ataupun perguruan tinggi.

Setidaknya ada 78 perguruan tinggi negeri yang akan menjaring peserta dari jalur undangan tersebut. PTN akan menyeleksi berdasarkan nilai yang telah dimiliki oleh siswa selama menempuh sekolah di jenjang SMA.

Namun dari sekian banyak pilihan perguruan yang ada siswa hanya diperbolehkan untuk memilih dua PTN. Sementara itu perguruan yang telah dipilih tak boleh keseluruhannya berada di luar provinsi.

Jadi jika satu kampus yang dipilih berada di luar provinsi maka lainnya harus berada di provinsi sama dengan SMA. Hal tersebut tak berlaku untuk siswa yang hanya memilih satu perguruan tinggi di jalur undangan.

Siswa yang ikut SNMPTN dan hanya memilih satu kampus maka bisa memilih PTN di provinsi manapun. Itu adalah penjelasan untuk perguruan yang akan dipilih oleh siswa setingkat SMA ataupun SMK.

Sementara yang dibawah ini adalah penjelasan mengenai program yang akan diambil oleh calon mahasiswa. Pelajar diperbolehkan mendaftar paling banyak di tiga program dengan ketentuan yang telah diberikan.

Sehingga satu PTN setiap siswa bia memilih maksimal dua prodi sesuai apa yang diinginkan. Akan tetapi siswa yang akan ikut dalam SNMPTN harus memperhatikan beberapa hal tak terkecuali saat memilih program studi.

ujian-nasional
Copyright ©dakta

Pendaftar harus memperhatikan urutan PTN dan program belajar yang diambil di seleksi nasional ini. Pasalnya PTN serta program studi yang menjadi pilihan pertama menentukan prioritas utama saat seleksi dilakukan.

Itu semua dikhususkan untuk siswa yang berasal dari SMA yang akan melanjutkan pendidikan di PTN. Untuk siswa SMK sendiri memiliki beberapa ketentuan sendiri untuk mengikuti SNMPTN 2017.

Siswa memilih program yang hanya sesuai dengan jurusan saat menempuh SMK. Sementara itu ada beberapa ketentuan lain yang telah ditentukan oleh perguruan tinggi dalam penerimaan mahasiswa.

baca juga : Ratusan Siswa MA di Majalengka Terancam Tak Dapat Ikuti SNMPTN Karena Hal Ini !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY