Pendaftaran SNMPTN 2017 Dimulai Hari Ini, Berikut Jumlah Kuota 4 PTN di Yogyakarta

0
213
Share on Facebook
Tweet on Twitter
ujian SBMPTN

Pendaftaran SNMPTN 2017 Dimulai Hari Ini, Berikut Jumlah Kuota 4 PTN di Yogyakarta

Lensaremaja.com – Hari ini SNMPTN 2017 telah dibuka dan dapat diikuti oleh seluruh pelajar setingkat SMA atau SMK. Mereka dapat memilih perguruan tinggi yang ingin mereka masuki, lalu berapa kuota mahasiswa barunya?

Tak jauh dari tahun sebelumnya, penerimaan mahasiwa baru memang menjadi informasi yang paling dicari. Bukan hanya dengan jurusan atau prodi yang dimiliki melain beberapa hal lainnya berkaitan dengan perguruan tinggi.

Tahun ini masih menggunakan tiga jalur untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia. Jalur tersebut adalah SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri masuk perguruan tinggi negeri.

Ketiga jalur tersebut memiliki perbedaan sendiri-sendiri dalam menjaring mahasiswa barunya. Untuk SNMPTN 2017 sendiri menyeleksi siswa dari hasil nilai akademik yang telah didapatkan oleh peserta didik.

Sementara untuk jalur SBMPTN akan menjaring mahasiswa baru dari ujian nasional baik tertulis maupun dengan ketrampilan yang dimiliki. Sementara untuk jalur mandiri ketentuannya dimiliki oleh masing-masing PTN.

Saat ini seleksi nasional sedang berlanjut setelah sebelumnya dimulai sejak tanggal 14 Februari lalu. Waktu itu digunakan oleh sekolah untuk memasukkan data dan harus mendapatkan verifikasi yang dilakukan oleh siswa.

Pendaftaran peserta didik sendiribaru dimulai pada 21 Februari hingga 6 Maret mendatang. SNMPTN 2017 adalah salah satu seleksi yang digelar paling awal yang menggunakan nilai akademik dari peserta didik.

Siswa mendaftar melalui rapor semester 1 hingga semester 5 saat menempuh pendidikan di bangku SMA sederajat. Mengenai pengisian tersebut sekolahan akan melakukan sosialisasi untuk meminimalisir kesalahan.

Seleksi
Copyright ©Ist

Untuk jalur SNMPTN sendiri semua peserta didik tak dipungut biaya karena telah ditanggung oleh pemerintah. Sementara untuk siswa yang kurang mampu juga akan mendapatkan bantuan dari program beasiswa.

Berikut adalah rincian mengenai mahasiwa baru yang akan diterima oleh UGM, UPN, UIN dan UNY. Untuk UGM ada 6.627 mahasiwa, UPN 2.320, UIN dengan 3.372 dan UNY sebesar 4.656 mahasiwa.

Jumlah tersebut akan dibagi dalam tigar jalur penerimaan mahasiwa baru. Untuk SNMPTN 2017 ada 30% dari kuota, 40% untuk penerimaan jalur SBMPTN dan 30% sisanya untuk Seleksi Mandiri.

baca juga : Ingin Ikut SNMPTN 2017? Begini Cara Memilih PTN dan Prodi yang Tepat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY