Berita Hari Ini: Salah Paham Soal Indochina, Netizen Minta AirAsia Tinggalkan NKRI

0
372
Share on Facebook
Tweet on Twitter
pesawat-airasia
Copyright ©poskotanews

Berita Hari Ini: Salah Paham Soal Indochina, Netizen Minta AirAsia Tinggalkan NKRI

Lensaremaja.com – Di media sosial Twitter, banyak netizen yang telah salah memahami pengertian dari Indochina secara baik, sehingga dengan ini pihak AirAsia yang talangsung menanggapi dengan Sirius. Admin AirAsia Indonesi yang langsung memberikan penjelasn mengenai kata tersebut.

Hal ini karena nama dari maskapi tersebut telah dibawa-bawa hingga mendapatkan ancama akan dilakukan baikot. Dengan akun resmi @AirAsia, yang telah memberikan pengertian Indochina yang telah digunakan di Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia yang terletak pada papan pengumuman.

Dari pegertian yang dijelaskan akun milik maskapai penerbangan lintas negara di Asia tersebut, Indochina adalah sebuah istilah lazin yang telah digunakan pada abad ke 19 oleh Bangsa Eropa untuk menyebutkan beberapa wilayah yang berada di Asia.

Dilihat dari histori, istilah tersebut telah diberikan kepada beberapa negara bekas jajahan Perancis. Seperti Negara Vietnam, Laos, Selandia Baru, dan beberapa diataranya.

Dilihat secara geografis, Indochina yang telah digunakan untuk beberapa negara yang bertempat di Semenanjung Timur yang telah diketahui merupakan daratan Asia Tenggara yang menjorok ke Laut China Selatan.

Sedangkan secara kultural, dapat digunakan kepada beberapa wilayah yang terpengaruh oleh kebudayaan Cina dan India, Akan tetapi, istilah Indonchina yang telah digunakan untuk penerbangan AirAsia ini tidak mencangkup Indonesia.

Maskapai penerbangan ini juga telah menjelaskan, kalau untuk melakukan penerbangan ke Indonesia telah disediakan bagasi khusus di Konter U. Sehingga dengan ini netizen yang menunggah istilah dari Indochina setelah melakukan plesiran keluar negeri tidak mendapatkan pemahaman dengan benar.

Indochina
Copyright © Twitter/ @AirAsiaId

Hal ini karena, foto yang telah diunggah oleh netizen tersebut dalam media sosial ini pada saat berad adi konter V, yang sebelumnya memang digunakan untuk kawasan di Indochina. Istilah tersebut mulai viral setelah salah satu netizen selesai plesiran ke luar negeri.

Pihaknya yang telah kaget karena tidak adanya nama Indonesia pada pada pengumuman saat di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Kemudian dia memfoto dan menganggahnya di medis sosial dengan menuliskan keterangan provokatif.

“Pass mau check in di Bandara KLIA2 Malaysia, Pass lihat di papan info… ada tulisan ‘INDOCHINA‘.. Saya tunggu mana INDONESIA tapi tetap tak muncul… Jadi dimana letak negara INDOCHINA? MIKIR dan SADAR lah saudaraku INDONESIA,” tulis keterangan tersebut.

Tak lama kemduian mendapatkan komentar dari netizen yang tak tahu menahu sial istilah tersebut, sehingga mereka terprovokasi dan menuliskan komentar marah-marah. Bahkan mereka yang menghujat dan akan melakukan boikoy kepada AirAsia Indonesia.

baca juga :

AirAsia Tergetkan Jumlah Wisatawan Mancanegara Naik 30 Persen !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY