Mengenal Unsil Habib, Sosok Penerjemah Percakapan Presiden Jokowi dengan Raja Salman!

0
327
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Unsil Habib
Copyright ©Istimewa

Mengenal Unsil Habib, Sosok Penerjemah Percakapan Presiden Jokowi dengan Raja Salman!

Lensaremaja.com – Kunjungan yang sudah dilakukan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud beserta dengan rombongannya ke Indonesia pada 1-3 Maret 2017 tersebut telah berjalan sukses. Hal tersebut tak lepas dari sosok penerjemah bahasa.

Peran para penerjemah  yang telah menjembatani komunikasi yang dilakukan oleh pejabat-pejabat Indonesi yang tidak dapat menerjemahkan bahasa Arab dengan para pejabat Kerajaan Arab Saudi. Salah satu penerjamah kedua bahasa yang layak untuk disebutkan adalah Unsil Habib.

Selama kunjungan Raja Salman ke Indonesia, Usil Habib yang merupakan lelaki kelahiran Tangerang pada 57 tahun lalu ini telah memiliki peran peting, yaitu sebagai penerjemah dalam beberapa agenda acara yang sudah dilakukan.

Salah satunya adalah dialog yang telah dilakukan oleh para tokoh Islam Indonesia dengan Raja Salman, acara “Afternoon Tea” yang sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi dan Raja Salman, pertemuan yang telah dilakukan Raja Arab Saudi ini dengan beberapa tokoh lintas agama Indonesia dan beberapa diantaranya.

Ini Harapan Tokoh Agama Indonesia Saat Bertemu Dengan Raja Salman!
Copyrigth©Istimewafototerpopuler

Sebagai penerjemah bahasa, Unsil Habib memang layak untuk menjadi penerjemah dari para kepala negara. Hal tersebut dapat dilakukannya karena dirinya memiliki pengalaman dan waktu pembelajaran yang panjang.

Unsil Habib yang telah lulus dari Pondok Modern Gontor Ponorogo pada tahun 19780. Dan angkatannya yang telah disebut Sosyc (students of sixth year class). Dan dirinya yang telan melanjutkan pendidikannya di Universitas Islam Madinah.

Pada saat kuliah tersebut dirinya mengambil jurusan Ilmu Bahasa Arab yang paling berpengaruh kepada hidupnya ia sekarang ini. Sehingga ilmu tersebut telah didapatkannya dari Universitas Islam Madinah dan Pondok Modern Gontor.

“Tapi Gontor tiada duanya,” kata bapak 4 anak dan kakek 1 cucu ini kepada Tempo, Senin (6/3/17).

Sedangkan untuk riwayat dari pekerjaan Unsil Habib ini tidak jauh dari ilmu bahas Arab yang telah dimilikinya untuk dilakukan dalam bahasa komunikasi sehari-hari. Pada awalnya dia yang pernah bekerja sebagai karyawan Musi Holiday Travel Service pada 1986-1987.

Selanjutnya dirinya menjadi karyawan Al-Rajhi Banking, Saudi Arabia pada 1987-1989, dan sekarang ini Unsil Habib yang telah berkarja menjadi staf lokal Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh dari tahun 1990.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY