Terkapar Main Skip Challenge, Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan!

    0
    302
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Kisah Tragis Dibalik Poputernya Tantangan Skip Challenge
    Copyright ©bintang

    Terkapar Main Skip Challenge, Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan!

    Lensaremaja.com – Permain yang sakarang ini sedang heboh di media sosial Intagram dan Youtube yaitu Skip Challenge, memang benar-benar merugikan. Hal ini lantaran yang dapat menjadi taruhannya adalah nyawa dari beberapa orang yang melakukannya.

    Karena dalam permainan yang dilakukan ini pemainnya dari Skip Challenge akan kehilangan oksigen dan bahkan lebih lagi akan kehilangan nyawa mereka. Untuk menghindari kejadian tersebut, tentu peran orang tua, guru di sekolah sangat penting.

    Untuk memeberikan larangan kepada para anak melakukan tantangan tersebut karena akan berakibat fatal. Karena apa yang telah dilakukan itu dapat merugikan diri sendiri karena melakuakn penekana kepada dada pemain.

    Namun, jika memang anak sudah terlanjur malakukan aksi Skip Challenge tersebut, dan setelah dadanya ditekan oleh beberapa orang mengalami pinsang hingga sekarat ada pertolongan yang harus segera dilakukan pada saat itu.

    “Sebenarnya problem dari dia bisa pingsan karena pada saat dinding dada ditekan, otomatis tidak ada udara yang masuk ke paru dan tidak ada pertukaran udara, juga oksigen tidak akan masuk ke dalam pembuluh darah,” kata Wishnu Pramudito DP SpB, dari Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia, Jumat (10/3/2017).

    Skip Challenge
    Copyright ©Instagram/paguyonan

    Untuk memberikan petolongan pada saat anak yang melakukan Skip Challenge tersebut pingsan atau sekarat, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan tenakan kepada dada anak yang sudah pinsan. Selain itu juga melihat respon tubuhnya.

    “Jika anak tidak sadar, periksa segera napasnya dan cek denyut jantungnya. Kalau misalkan jantungnya berdetak, tapi tidak bernapas segera berikan napas buatan,” tambah Wishnu.

    Akan tetapi, jika pemain detak jantungnya sudah tidak berdenyut akibat dari tekanan yang dilakukan pada saat bermain Skip Challenge ini, Wishu memberikan saran agar orang yang akan menolong segera melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP).

    Dalam beberapa waktu ini di media sosial telah banyak anak pemuda yang mengunggah sebuah video tantangan Skip Challenge, hal tersebut dilakukan oleh dua orang tau lebih untuk menekan dada dari satu pemainnya, sehingga dapat menyebabkan pingsan dan dalam beberapa detik akan sadar.

    baca juga :

    Viral di Medsos, Inilah Video Skip Challenge Paling Digemari Remaja yang Dapat Mengancam Nyawa Pemainnya!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY