Berita Terkini: Jadwal Puasa Ramadhan Muhammadiyah dan Pemerintah Jatuh Bersamaan pada Tanggal 27 Mei 2017!

    0
    43
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Ilustrasi Ramadhan
    Copyright ©kicknews.today

    Berita Terkini: Jadwal Puasa Ramadhan Muhammadiyah dan Pemerintah Jatuh Bersamaan pada Tanggal 27 Mei 2017!

    Lensaremaja.com – Jadwal puasa Ramadhan 2017 telah diprediksi akan jatuh pada hari Sabtu 27 Mei 2017. Baik itu Muhammadiyah yang telah mengunmukan terlebih dahulu ataupun NU dan Pemerintah untuk jadwal ini.

    BACA JUGA : Muhamadiyah Sudah Putuskan Tanggal Awal Puasa Ramadhan dan Lebaran 1 Syawal 1438 H!

    Tidak hanya adanya potensi untuk menjalankan jadwal puasa Ramadhan 2017 ini secara bersama, kemungkinan juga umat muslim diseluruh Indonesia juga akan menjalankan lebaran bersama. Terkait dengan itu telah disampaikan oleh Thomas Djamaluddin seorang Peneliti Utama IVe (Profesor Riset) Astronomi dan Astrofisika lewat catatan di blog miliknya, pada Senin (22/5/17).

    Pihaknya menilai kalau kriteria hisab (perhitungan astronomi) yang sudah digunakan oleh pemerintah dan NU serta Muhammadiyah, yaitu imkan rukyat (kemungkinan muculnya hilal) 2 derajat dan juga wujudul hilal (posisi tinggi hilal positif).

    Untuk analisis yang dilakukan secara cepat untuk jadwal puasa Ramadhan 2017, Syawal, dan Dzulhijjah menurutnya, adalah sebuah analisis dari garis tanggal dengan berbasiskan pada kriteria itu.

    Untuk garis tanggal Ramadhan telah menunjukkan kalau secara hisab jadwal puasa Ramadhan 2017 yang akan sama, yaitu jatuh pada tanggal 27 Mei 2017 nanti. sedangkan untuk penetuan 1 syawal (Idul Fitri) dan 10 Dzulhijjah (Idul Adha) juga akan berpotensi seragam.

    Ilustrasi
    Copyright ©blogunik.com

    Untuk penentuan garis awal Syawal dilihat pada saat matahari akan terbenam pada 24 Juni 2017, yang telah menunjukkan kalau di Indonesia telah berada di sebalah barat (kiri) garis tanggal Wujudul Hilal dan imkan rukyat pada 2 derajat.

    BACA JUGA : Inilah Waktu dan Niat Puasa Nisfu Syaban Lengkap!

    Sehingga dengan perhitungan tersebut, untuk awal Syawal yang dipastikan jatuh pada 25 Juni 2017 jika dilihat dari kedua kriterian itu. Sedangkan untuk awal Dzulhijjah 1438 H juga akan terjadi potensi seragaman.

    Sudah diperkirakan kalau pada awal Dzulhijjah 1438 H ini yang akan jatuh pada tanggal 23 Agustus 2017 nanti. “Keseragaman seperti itu untuk Ramadhan akan terjadi sampai 1442H atau 2021 Masehi. Demikian juga keseragaman Syawal dan Dzulhijjah akan terjadi sampai 1443H/2022M,” tulisnya dalam blog tersebut.

    Walau sudah diperkirakan akan jatuh pada 27 Mei mendatang, namun untuk jadwal puasa Ramadhan 2017 ini masih akan digelar sidang isbat. Sehingga dengan itu, Menteri Agama akan memutuskan untuk hari awal Ramadhan 1438 Hijriah.

    BACA JUGA : Disunahkan Berpuasa, Ini Keistimewaan Bulan Rajab yang Tahun Ini Jatuh Pada Tanggal 29 Maret 2017!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY