Berita Hari Ini: HMI Bela Diri Usai Disebut-sebut Sebagai Dalang Kerusuhan Demo 4 November !

0
647
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Demo 4 November
Copyright ©solopos

Berita Hari Ini: HMI Bela Diri Usai Disebut-sebut Sebagai Dalang Kerusuhan Demo 4 November !

Lensaremaja.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) telah membantah terkait dengan tudingan sebagai kelompok yang memantik kerusuhan demo 4 November kemarin. Mereka telah berdalih bahwa adanya beberapa orang yang tidak dikenal telah ikut turun dan masuk barisan saat jalannya demo.

“Kericuhan demo 4 November terjadi bakda Isya yang dipicu oleh masa yang tidak dikenal oleh kader HMI, dari mana asalnya dan siapa pemimpinnya masuk di barisan depan masa HMI, kemudian ribut dengan aparat sampai akhirnya aparat kepolisian menembakkan gas air mata,” kata Ketua Umum PB HMI Mulyadi P. Tamsir.

Mulyadi juga mengatakan,bahwa massa dari HMI sudah melakukan pembubaran diri kebelakang, dan mereka juga tidak kembali untuk melakukan aksi demo tersebut yang telah dilakukan didepan Istana Merdeka. Dan setelah itu baru ada kerusuhan demo 4 November tersebut.

“Setelah itu baru terjadi kebakaran yang kami tidak tahu siapa pelakunya dan apa yang terbakar,” ujar Mulyadi.

Mulyadi juga menambahkan,  pada saat kerusuhan demo 4 November massa organisasi kemahasiswaan ini telah berada di berisan depan aksi demo. Dia berdalih, kalau massa HMI ini telah terjepi diantara massa lainnya saat akan mundur bada Magrib.

demo-4-november
Copyright ©tempo

“Namun karena posisi HMI berada di barisan paling depan, membawa mobil komando dan satu mobil Innova, maka tidak dimungkinkan untuk mundur. Sehingga kita duduk-duduk di sekitar mobil menunggu aksi selesai,” kata Mulyadi.

Kata Mulyadi massa yang dari HMI hanya mengenakan atribut kecil dengan tiang bambu dibelah yang memiliki panjang 1,2 meter, sehigga dengan hal tersebut HMI tidak bisa melakukan penjebolan kepada barikade polisi.

Mulyadi juga telah membantah adanya kabar yang mengatakan kalau massa HMI dan FPI telah terlibat benturan pada saat jalannya demo. Karena menurutnya hal tersebut tidak benar.

Sementara, Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengatakan, kerusuhan demo 4 November berawal dari massa HMI yang akan meringsek masuk kedepan, saat aksi demo tersebut berjalan didepan Istana Merdeka.

“Pak mohon maaf, kita harus bagaimana, tadi massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) maju. Kita terpaksa membubarkan. Kalau tidak, anggota banyak yang terluka, kita harus bagaimana,” ujar Iriawan yang menjelaskan kepada Menkopolhukam Wiranto apa yang menyebabkan kerusuhan demo 4 November terjadi.

baca juga : Berita Hari Ini: Presiden Jokowi Sesalkan Akhir Rusuh Demo 4 November Di Depan Istana !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY