Sosok KH Hasyim Muzadi di Mata Mahfud MD

0
149
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Mahfud MD
Copyright ©Detik

Sosok KH Hasyim Muzadi di Mata Mahfud MD

Lensaremaja.com -Mantan Ketua Makamah Konstitusi, Mahfud MD , yang telah merasa kalau dirinya telah kehilangan sosok dari Mantan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi, yang telah meninggal dunia pada Kamis (16/3/17) pagi.

Pihaknya mengatakan, kalau Hasyim Muzadi bukan sosok tokoh NU , tapi juga adalah tokoh bangsa. Hal ini karena almarhum yang juga merupakan sosok yang dapat memberikan teladan hidup sebagai orang Islam dan Indonesia sekaligus.

Salah satu warga NU tersebut juga menjelaskan, kalau keislamannya dan keIndonesiaan yang telah dimilikinya yang dimiliki oleh Hasyim Muzadi adalah salah satu paduan yang harmonis, dan tidak konfrontatif.

“Pak Hasyim itu bukan sekadar tokoh NU tapi tokoh bangsa karena dia menguatkan bangunan toleransi di Indonesia. Saya kira itu yang tidak dibantah dari Kiai Hasyim,” kata Mahfud, Kamis (16/3/17).

Pihaknya juga mengatakan kalau sosok dari Hasyim Muzadi yang selalu memberikan tanggapan beberapa fenomena sosial terkini, yang telah diawalinya dengan adanya humor ringan. Sehingga dengan ini, Mahfud menilai, kalau sosok almarhum adalah orang yang humoris.

Salah satunya adalah saat beliau memberikan tanggapan terkait dengan adanya cerita dari Dimas Kanjeng yang dapat menggandakan uang. Dengan itu beliau yang memberikan tanggapannya terkait dengan adanya hal tersebut.

Hasyim Muzadi
Copyright ©suratkabar

“Mbok sudah, punya uang Rp 100 ribu gandakan sendiri dan hasil gandaannya digandakan lagi kan jadi banyak, enggak usah mengundang orang menggandakan uangnya. Lalu kalau bisa begitu kan bisa dibagi-bagi,” ucap Mahfud menirukan ucapan dari Hasyim.

“Nah itu kan lucu caranya. Orang kan mengerti tetapi tidak dengan menghardik-hardik. Paham orang. Oh, sebenarnya logikanya seperti itu lalu dijelaskan dari sudut pandang agama oleh beliau,” tambahnya.

Selain itu, Mahfud juga memiliki penilaian tersendiri dari sosok Hasyim Muzadi, hal tersebut terkait dengan ceramah yang dilakukan pemimpin Pondok Pesantren Mahasiswa Al Hikam Depok tersebut yang dinilai komunikatif.

“KH Hasyim Muzadi kalau berceramah kocak tp tak sembarang melucu. Melucunya penuh makna substantif. Agama dihayatinya dgn damai dan toleran,” tulis Mahfud dalam akun Twitternya.

“KH Hasyim Muzadi sdh wafat. Kematian bg kita spt menungu kereta2 lewat. Tinggal mau ikut yg skrang atau yg berikutnya atau yg berikutnya lg,” tulisnya lagi.

baca juga :

Berita Duka, KH Hasyim Muzadi Meninggal Dunia Usai Dijenguk Presiden Jokowi!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY