Semasa Hidup, Ini Cita-Cita Almarhum KH Hasyim Muzadi yang Belum Tercapai!

0
323
Share on Facebook
Tweet on Twitter
KH Hasyim Muzadi
Copyright ©Antara

Semasa Hidup, Ini Cita-Cita Almarhum KH Hasyim Muzadi yang Belum Tercapai!

Lensaremaja.com – Ada suatu keinginan yang telah tumbuh dari KH Hasyim Mizadi yang hingga sekarang ini masih belum tersapaikan. Hal ini karena pada Kamis (15/3/17) beliau yang sudah tutup usia di Malang, pada sebelumnya yang mengalami sakit dan sudah mendapatkan perawatan.

Salah satu keinginannya adalah mengembangkan pesantren yang berada di Bogor. Terkait dengan hal tersebut telah diketau dari penyampaian yang dilakukan oleh kerabat dari Hasyim Muzadi, Achmad Sodiq.

“Saya terakhir bersama beliau jalan untuk mencari tanah di Kota Bogor. Itu buat pengembangan pesantren. Belum selesai keinginannya itu,” kata Sodiq pada saat berada di Pesantren Al-Hikam, Kukusan, Beji, Depok, Kamis (16/3/2017).

Sebelumnya, Hasyim Muzadi yang sudah menyampaikan pesan kepada Sodiq, pesan tersebut adalah terkait dengan pengembangan pesantren di Bogor tersebut. Kepada Sodiq, almarhum meminta untk mencarikan dana agar dapat melakukakan pengembangan tanah yang ada di Bogor tersebut menjadi pesantren.

Sodiq mengatakan kalau tanah yang telah dimaksudkan untuk di kembangkan menjadi pesantren tersebut adalah berada di kawasan Iwul. Hal ini dilakukan untuk peluasan pesantren yang ada di Bogor tersebut.

“Pesannya dicarikan uang, dikembangkan agar lebih luas lagi. Tanah itu di Iwul, Kabupaten Bogor, ada lima hektare, Al-Hikam Bogor,” ujarnya.

Hasyim Muzadi
Copyright ©suratkabar

Sodiq mengatakan, kalau KH Hasyim Muzadi adala sosok yang sangat menghormati dan menghargai orang lain. Pihaknya yang telah ikut pada saat bersekolah bersama beliau. Sehingga dia mengerti sosok  dari beliau.

“Sangat menghargai dan menghormati orang lain. Kalau orang bilang mah memanusiakan manusia,” kata Sodiq.

Pada saat sakit, dia juga telah sempat menjenguk Hasyim Muzadi di Malang. Pada saat itu, katanya, dirinya tidak panya bicara lantaran mantan Ketua PBNU tersebut pada saat itu dalam kondisi yang lemah.

“Sempat saya menengok dia, tapi nggak ada pembicaraan khusus dan lama. Kondisi beliau lemah,” tuturnya.

Pihaknya mengungkapkan, hingga Hasyim Muzadi telah meninggal dunia, tidak ada pesan lainnya yang telah disampaikan kepada dirinya. Hanya pesannya adalah untuk dimakamkan di Pondok Pesantren Al-Hikam di Beji, Depok.

“Sementara, hanya ingin mengembangkan pesantren mahasiswa. Lalu minta dimakamkan ke sini,” tambahnya.

baca juga :

Sosok KH Hasyim Muzadi di Mata Mahfud MD

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY