Ini Deretan Status FB Afi Nihaya Faradisa yang Diduga Kuat Hasil Plagiat!

0
182
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Afi Nihaya Faradisa
Copyright ©Detik.com

Ini Deretan Status FB Afi Nihaya Faradisa yang Diduga Kuat Hasil Plagiat!

Lensaremaja.com – Belum lama ini nama Afi Nihaya Faradisa sangat dikenal banyak orang karena beberapa tulisan statusnya di Facebook (FB). Statusnya tersebut telah dinilai banyak orang menginspirasi dan menjadi viral karena telah dibagikan oleh pengguna lain.

BACA JUGA : Ketemu Jokowi, Afi Nihaya Faradisa Minta Selfie Bareng di Peringatan Hari Lahir Pancasila!

Namun ditengah ketenarannya tersebut, beberapa status dari Afi Nihaya Faradisa ini telah diduga kalau merupakan hasil dari pagiarisme. Berikut adalah beberapa status yang telah dianggap seseorang sebagai plagiat:

  1. Belas Kasih Dalam Agama Kita

Adanya dugaan plagiat yang pada status akun anak tersebut saat mucul netizen yang menuliskan Drama “Dugaan” Plagiarisme Afi Nihaya Faradisa pada 31 Mei 2017.  Seorang netizen benama Pringadi Abdi Surya menuliskan sebuah keterangan.

“Tulisan Afi mengenai belas kasih ini bisa dibilang sama persis dengan tulisan Mita Handayani yang diunggah ke Facebook pada 30 Juni 2016. Bahkan status-status Afi yang lain, seperti soal warisan, ditengarai memiliki ruh yang sama dengan narasi sebuah video viral yang juga diterjemahkan oleh Mita,” tulisnya.

  1. Bait puisi dalam status Dicurhati Orang
Facebook.
Copyright ©Facebook/Afi Nihaya Faradisa

Pada 17 April 2017, Afi Nihaya Faradisa menuliskan status yang berisikan sebuah puisi. Akan tetapi, seorang netizen bernama Syfa Ann telah menuliskan “Afi Sayang, Kenapa Bangkar-Pasang Puisi Orang?”

“Pernahkah kau menghadapi duniaku?
Menghabiskan satu menit di posisiku?
Jika tidak, katakan padaku mengapa Kau menghakimiku seperti itu”  tulis Afi.

BACA JUGA : Begini Reaksi Afi Nihaya Saat Bertemu Langsung dengan Jokowi di Hari Lahir Pancasila!

Akan tetapi, puisi tersebut telah diuga oleh Syifa kalau sama dengan versi utuh dari puisi yang berada di buku Chicken Soup For Teenage Soul on Tough Stuff, dalam puisi tersebut telah berada pada halaman 9-10.

  1. Warung Makan

Seorang netizen juga pernah menemukan kalau status berjudul warung makan pada 8 Juni 2017 tersebut sudah pernah diunggah oleh Lembaga Perlindungan Konsumen Celebes pada 31 Desember 2016. Dan tulisan itu juga pernah ditulispada website www.afinihayafaradisa.com pada September 2016. Dengan mengambil judul Media Sosial bagaikan Warung Makan.

Sementara, dalam status berjudul THIS IS MY APOLOGY, Afi meminta maaf telah mengutip beberapa paragraf untuk dijadikan statusnya tanpa dia mencantumkan sumber dari kutipannya tersebut.

Terkait dengan hal tersebut, Guru Besar Universitas Indonesia Rhenald Kasali mengatakan, tulisan Afi Nihaya Faradisa bukanlah merupakan tulisan Ilmiah dan itu hanyalah sebuah status di FB miliknya. Sehingga dengan itum tulisan tersebut tidak masuk dalam ketegori plagiarism.

BACA JUGA : Viral Berkat Status FB, Jokowi Undang Afi Nihaya di Acara Peringatan Hari Lahir Pancasila!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY