Berita Hari Ini: BPBD Perpanjang Masa Darurat Setelah 11 Penambang Liar Masih Tertimbun Longsor Kabupaten Merangin Jambi !

0
161
Share on Facebook
Tweet on Twitter
longsor-tambang-emas-ilegal-jambi
Copyright ©sahabatdemokrasi

Berita Hari Ini: BPBD Perpanjang Masa Darurat Setelah 11 Penambang Liar Masih Tertimbun Longsor Kabupaten Merangin Jambi !

Lesaremaja.com – Hingga saat ini 11 penambang yang masih tertimbun longor saat melakukan penambangan emas ilegal di Kabupaten Merangin, Jambi, masih berlangsung. Kekadian yang telah menimpa para penambang tersebut berlangsung pada Senim, 24 Oktober 2016.

Korban longsor Jambi ini masih belum dapat dilakukan evakuasi dikarena kondisi cuaca yang masih hujan sehingga masih banyak rendaman air. Petugas jug masih belum menemukan titik lokasi dari 11 penambang ilegal tersebut.

“Hingga hari kelima belum berhasil mendeteksi posisi korban. Laporan dari BPBD Jambi kepada Posko BNPB pada 28 Oktober 2016 pukul 20.00 WIB,” ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (28/10/16).

Menurut Sutopo, tim SAR yang masih melakukan usaha dengan melakukan penyedotan terhadap air dan lumpur yang telah menutup lubang sehingga mengganggu jalannya evakuasi. Tim juga masih melakukan usahanya dengan cara masuk kedalam lubang tersebut untuk mencari lokasi korban longsor Jambi ini.

Akan tetapi, hal tersebut masih belum bisa menjangkau korban yang berada pada sebuah lubang yang sempit dan juga masih banyak air yang masuk. Apa bila air ini tidak kunjung kering, maka untuk mengevakuasi para para korban yang tertimbun longsor jambi dengan mengerahkan alat berat.

longsor-jambi
Copyright ©kbknews

“Bupati Merangin (Al Haris) menetapkan masa tanggap darurat untuk pencarian selama tujuh hari sejak tanggal 24 Oktober sampai dengan 30 Oktober 2016. Dan akan diperpanjang selama hari hari apabila korban belum ditemukan,” ujar Sutopo.

Para korban dari longsor Jambi ini masih diusahakan dalam evakuasinya oleh para petugas yang melakukan, karena diperkiarakan mereka yang tertimbun didalam trowongan dengan kedalaman seitar 50-70 meter dari permukaan.

Korban panambang emas liar ini diantaranya Tami (45), Yung Tuk (30), Siam (28), Hamzah (55), Jurnal (21), Catur (24) dan Guntur (34) merupakan waga Sungai Nilau, Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin.

Dan yang lain dari korban longsor Jambi ini adalah Cito (25) dan Zulfikar (25) warga Perentak, Kecamatan Pangkan Jambu, dan juga Dian Arman (53) dan Erwin warga Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap. Mereka semua masih belum ditemukan dalam longsoran tersebut.

baca juga : Berita Hari Ini: Gara Gara Gondola Jatuh Dari Intiland Tower Seorang Pekerja Tewas !

NO COMMENTS