Mengungkap Cerita Legenda Suku Mante yang Misterius di Hutan Aceh!

0
1811
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Suku Mante Aceh
Copyright©youtube

Mengungkap Cerita Legenda Suku Mante yang Misterius di Hutan Aceh!

Lensaremaja.com – Media sosial dihebohkan dengan penampakan manusia kecil yang ditemukan degerombol pemotor trail di pedalaman Aceh. Penemuan yang diduga Suku Mante Aceh itu diunggah di Youtube oleh salah satu akun bernama HZTN.

Seorang pengendara trail sedang menyusuri hutan pedalaman Aceh tiba – tiba dikejutkan sesosok manusia pendek sedang berlari sambil membawa kayu. Makhluk tersebut kemudian dikejar, namun nenghilang dibalik semak belukar. Para pemotor kemudian mencari namun tak berhasil.

Sejumlah informasi menyebutkan, manusia kerdil tersebut adalah Suku Mante Aceh, suku yang hampir punah dan tinggal di gua – gua dan pinggir sungai pedalaman Aceh. Seorsang pawang hutan, Gusnar Effendy menemukan Suku Mante Aceh yang hidup dibelantara pedalaman Lokop, Kabupaten Aceh Timur.

Suku Mante Aceh
Copyright©youtube

Beliau juga pernah bertemu dengan Suku Mante Aceh dihutan – hutan Oneng, Pintu Rimba, Rikit Gaib di Kabupaten Aceh Tengah dan Aceh Tenggara.

“Umumnya tinggal digua – gua, celah gunung. Kalau siang hari berada di alur – alur sungai dalam lembah.”Kata Gusnar.

Suku Mante Aceh memiliki ciri – ciri tubuh kecil dengan ketinggian sekitar satu meter. Rambut terurai panjang hingga pantat, sebagian dari mereka juga bertelanjang. Mereka memiliki kulit cerah, tubuh berotot dan kasar serta wajah bersegi dan dahi menyempit.

Suku Mante Aceh
Copyright©youtube

Kedua alis mata mereka bertemu di pangkal hidung yang tampak pesek. Suku Mante Aceh adalah salah satu etnis terawal dan pembentuk entik – etnik di Aceh. Suku ini bersama dengan suku lainnya yaitu Lanun, Sakai, Jakun, Senoi dan Semang. Merupakan cikal bakal suku di Aceh saat ini.

Meskipun demikian, belum ada bukti yang kuat menegaskan jika sosok yang misterisu tersebut ialah bagian dari Suku Mante Aceh. Gunawan memaparkan, perlu diketahui lokasi persisnya bila ingin dilakukan penyisiran.

“Menarik ini, apakah ini merupakan yang sudah punah itu, atau apakah memang asli Aceh,” tutur Gunawan.

Untuk nama Mante diperkenalkan pertama kali oleh Dr Snouck Hurgronje dalam bukunya, De Atjehers. Ia mengartikan Mante adalah istilah untuk tingkah kebodoh – bodohan dan kekanan – kanakan. Snouck sendiri mengaku belum pernah bertemu dengan Suku Mante Aceh.

Baca Juga Pamer Foto Nagita Slavina Bareng Dua Wanita Cantik, Status Raffi Ahmad Ini Dibanjiri Kritik!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY