Zaha Hadid Dapat Apresiasi Google Doodle Hari Ini, Wanita Muslim Pertama Asal Irak Peraih Penghargaan Arsitektur Pritzker!

    0
    87
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Zaha Hadid
    Copyright©BBC

    Zaha Hadid Dapat Apresiasi Google Doodle Hari Ini, Wanita Muslim Pertama Asal Irak Peraih Penghargaan Arsitektur Pritzker!

    Lensaremaja.com BintangZaha Hadid merupakan seorang arsitek Britania yang lahir di Irak. Dirinya merupakan seorang wanita pertama dan muslim pertama yang berhasil meraih sebuah Penghargaan Arsitektur Pritzker pada tahun 2004.

    Baca Juga Muncul di Google Doodle Hari Ini, Apa Itu Mekanisme Antikythera?

    Dirinya juga meraih penghargaan Stirling pada tahun 2010 dan juga 2011. Di tahun 2012, dia diberi Dame Commander of the Order of the British Empire dan tahun 2015 dirinya menjadi wanita pertama yang telah diberi sebuah penghargaan RIBA GOLD MEDAL dalam haknya sendiri.

    31 Maret 2016, Hadid meninggal lantaran serangan jantung di rumah sakit Miami, dia harus dirawat karena penyakit bronkitis. Hadid lahir pada tanggal 31 Oktober 1950 di Baghdad, Irak. Dari keluarga muslim kelas atas. Ayahnya, Muhammad al-Hajj Husayn Hadid  pun bekerjasama untuk mendirikan kelompol al-Ahali liberal kiri di Irak di tahun 1932.

    Ayahnya merupakan salah satu pendiri Partai Demokratik Nasional di Irak. Ibunya, Wajiha al-Sabunji merupakan artis dari Mosul, tahun 1960-an Hadid masuk sekolah asrama yang ada di Inggris dan Swiss.

    Zaha Hadid
    Copyright©Kompas Tekno

    Zaha Hadid belajar matematika di Universitas Amerika sebelum akhirnya pindah ke London pada tahun 1972 untuk belajar di Architectural Associaton School of Architecture. Dirinya disana bertemu dengan Rem Koolhaas, Elia Zenghelis dan juga Bernard Tschumi.

    Baca Ini Ferdinand Monoyer Dapat Apresiasi Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

    Dia bekerja untuk mantan profesornya, Kolhas dan Zenghelis di Office for Metropolitan Architecture, Rotterdam, Belanda dan menjadi mitra tahun 1977. Dia lalu bertemu dengan Peter Rice, yang merupakan teknisi yang memberikan dukungan dan juga membanti pada saat pekerjaannya mengalami kesulitan.

    Zaha Hadid merupakan seorang warga negara Britania Raya. Hadid pun mendirikan praktik arsitektur yang berbasis di London tahun 1980. Dia menerima penghargaan aristektural yang paling bergengsi di Inggris. The Stirling Proze tahun 20210 dan 2011.

    Tahun 2012 menjadi Dame oleh Elizabeth II untuk layanan arisitektur, dan tahun 2015 menjadi wanita pertama yang telah meraih penghargaan Royal Gold Medal dan juga Royal Institute of Bristish Architecs.

    Baca Juga Inilah Fakta-Fakta Menarik Mengenai Sosok Pramoedya Ananta Toer yang Diperingati Google Doodle Hari Ini!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY