Ada 3 Mahasiswa UII Tewas, Tim Investigasi Temukan Dugaan Adanya Kekerasan !

0
1296
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Jumpa Pers UII
Copyright ©Okezone

Ada 3 Mahasiswa UII Tewas, Tim Investigasi Temukan Dugaan Adanya Kekerasan !

Lensaremaja.com – Setelah mengikuti pendidikan dasar (diksar) The Great Camping (TGC) di lereng selatan Gunung Lawu, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tiga mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia (UII) meninggal dunia.

Dengan adanya kasus 3 mahasiswa UII tewas ini, tim internal dari UII yang telah menemukan adanya kekerasan yang dilakukan kepada korban yang telah mengikuti kegiatan tersebut.

3 mahasiswa UII tewas adalah Muhammad Fadli (19) Teknik Elektro angkatan 2015, Syaits Asyam (19) Teknik Industri dan Ilham Nurpadmy Listia Adi, Fakultas Hukum, mereka semua angkatan 2015.

Dari informasi yang telah dirilis oleh tim internal UII pada Selasa (24/1/17), menjelaskan adanya temuan awal dan akan dilakukan pengembangan investigasi dalam kegiatan The Graat Camping (TGC) yang telah digelar pada 13-20 Januari 2017.

“Kami menyampaikan Innalillahi wa innailaihi raji’un, segenap sivitas akademika UII turut berduka cita atas meninggalnya Ilham Nurpadmy Listia Adi, mahasiswa Fakultas Hukum UII angkatan 2015, salah satu peserta pendidikan dasar The Great Camping (TGC). UII mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga besar almarhum Ilham, semoga amal ibadahnya diterima dan diampuni dosa-dosanya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran,” kata Rektor UII Dr Harsoyo, MSc.

Setelah melakukan pekerjaan sejak 21 Januari 2017, tim internal UII telah menemukan temuan awal , kata Harsoyo, diduga adanya kekerasan yang dilakukan oleh beberapa oknum tertentu kepada 3 mahasiswa UII tewas ini yang telah dilakukan selama kegiatan TGC.

Temuan tersebut dari keterangan yang telah diberikan peserta TGC yang tidak mau disebutkan namanya tersebut. Hingga kini tim investigasi yang masih terus akan melakukan pencarian fakta dan beberapa informasi yang menguatkan dugaan yang telah mengakibatkan 3 mahasiswa UII tewas ini.

ilustrasi
Copyright ©ilustrasi

Apabila hal tersebut memang benar terjadi, maka pihak yang telah melakukan kekerasan kepada 3 mahasiswa UII tewas tersebut akan diberikan tidak tegas sesuai dengan aturan kedisiplinan dari mahasiswa yang belaku di UII.

Dari beberapa sesuatu yang telah ditemukan tim investigasi inijuga akan dijadikan sebagai evaluasi UII untuk melakukan perbaikan dalam sistem pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan, hal ini dilakukan agar kembali pada prisop anti kekerasan yang telah dijalankan di UII.

“UII menyerahkan sepenuhnya segala proses penyelidikan dalam ranah hukum kepada pihak kepolisian yang berwenang. Dalam hal ini pula UII berkomitmen untuk mendukung penegakan hukum dan siap membantu melancarkan jalannya penyelidikan pihak yang berwenang,” katanya.

Untuk melakukan antisipasi dari dampak lanjutan dari kasus 3 mahasiswa UII tewas ini, UII yang telah melakukan komunikasi dengan cara intensif kepada peserta dan juga medorong pemeriksaan kesehatan ulang. Sehingga dengan ini UII dapat memfasilitasi.

“UII telah menyiapkan crisis center bagi peserta dan pihak keluarga peserta terkait segala sesuatu yang berkaitan dengan peristiwa The Great Camping (TGC),” kata Harsoyo.

baca juga :

Berita Terkini: Ada Taruna STIP Tewas, Tradisi Senior Junior Harus Dihilangkan?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY