Berita Terkini: Kasus Diksar Maut UII Harus Diusut Tuntas !

0
244
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Menristekdikti M Nasir
Copyright©liputan6

Berita Terkini: Kasus Diksar Maut UII Harus Diusut Tuntas !

Lensaremaja.com – Kasus pendidikan dasar (Diksar) maut Mapala Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta telah menjadi perhatian Menristekdikti M Nasir. Pihaknya yang telah terbang menuju ke Yogyakarta untuk menemui rektor UII terkait dengan kasus ini.

Tidak hanya itu, M Nasir yang juga telah melakukan pertemuan dengan kelaurga korban, dan korban yang dirawat di rumah sakit. Hal ini dilakukan pihaknya setelah mengetahui adanya Diksar maut UII.

M Nasir mengatakan, kekerasan di dunia pendidikan sangatlah dilarang terutama di kampus, baik verbal maupun fisik. Sehingga dengan ini pihaknya ingin mengadakan rapat dengan pihak terkait di UII dan Koperatis.

“Saya minta ke rektor melakukan pemeriksaan mendalam ke Mapala di dalamnya, termasuk panitia maupun di Lawu maupun yang tidak berangkat bagaimana, baru pihak kepolisian,” ujar Nasir usai rapat di Kopertis, Yogyakarta, Kamis 26 Januari 2017.

Dengan adanya Diksar maut UII ini, pihaknya menekankan, untuk tidak ada lagi kasus kekerasan yang terjadi di daerah lain. Pihaknya meminta untuk pelaku diberi sanksi dan hukuman yang seberat-beratnya.

“Sebab di perguruan tinggi seluruh Indonesia tidak boleh ada kekerasan. Periksa sampai akar-akarnya,” ujar Nasir.

Menristekdikti M Nasir
Copyright©tribunnews

Pihaknya meminta kepada derektorat dan juga manajemen perguruan tinggi yang harus mengambil langkah tegas dan jelas terkait dengan adanya kekerasan terutam Disar maut UII. Sebab jika hal tersebut tidak mendapatkan sikap tegas makan dapat terulang kembali.

Sedangkan rektor dan manajemen yang telah menjadi penanggung jawab semua kegaiatan yang telah dilakukan oleh Kampus. “Penting bagi saya tegaskan betul meminta manajemen ambil sikap jelas,” ujar Nasir.

Dalam Diksar maut UII yang telah dilakukan di lereng Gunung Lawu, Tawangmangu, Kabupaten Keranganyar, Jawa Tengah, yang telah menewaskan tiga orang mahasiswa setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Beberapa korban dari Diksar maut UII ini adalah Muhammad Fadhli, mahasiswa Teknik Elektro UII, yang meninggal dunia dalam perjalanannya ke RSUD Karanganyar pada Jumat (20/1/17). Dan Syait Asyam, mahasiswa Teknik Industri UII, yang telah meninggal pada Minggu (23/1/17).

Dan yang terakhir adanya Ilham Nur Padmy Listiaadin dari Fakultas Hukum UII, dia yang telah meninggal dunia setelah dirawat di RS Bethesda Yogyakarta pada Senin (23/1/17) pukul 23.20 Wib.

baca juga :

Buntut Tragedi Diksar Maut, Akun FB Mapala UII Dibanjiri Hujatan Netizen!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY