Berita Terkini: Begini Elektabilitas Cagub cawagub DKI Usai Debat !

0
5759
Share on Facebook
Tweet on Twitter
calon-pasangan-pilkada-dki
Copyright ©kompas

Berita Terkini: Begini Elektabilitas Cagub cawagub DKI Usai Debat !

Lensaremaja.com – Beberapa lembaga survei yang telah melakukan pengukuran elektabilitas atau tingkat terpilihnya dari tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta setelah menjalani debat pertama. Dan survei tersebut dilakukan pada waktu yang bersamaan.

Populi Center pada Minggu (22/1/17), merilis sebuah survei cagub DKI yang telah dilakukannya pada 14-19 Januari 2017. Dalam survei tersebut cagub dan cawagub nomor urut satu, Agus Yudhoyono-Sylviana Murni mendapatkan elektabilitas mencapai 25,0 persen.

Kemudian cagub dan cawagub nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat mendapatkan elektabilitas 36,7 persen. Dan pasangan cagub dan cawagub nomor urut tiga yang telah mendapatkan elektabilitas 28,5 persen.

Sedangkan untuk beberapa responden yang masih belum bisa menentukan pilihannya dalam survei cagub DKI tersebut sebanyak 9,8 persen. Dalam survei yang telah dilakukan Populi Center ini dilakukan dengan cara wawancara tatap muka langsung kepada 600 responden di enam wilayah di Jakarta.

Sedangkan untuk metode yang digunakan untuk melakukan survei cagub DKI ini, yaitu multistage random sampling dengan margin of error, yang kurang lebih memiliki tingkat kepercayaan yang mencapai 95 persen.

Sedangkan survei Indikator Politik Indonesia yang telah dilakukan pada 12-30 Januari 2017, dalam tema yang telah diambil adalah “Efek Debat dan Rasionalitas Pemilih Jakarta Jelang Pilkada”

Pilkada DKI
Copyright ©Kompas

Dari lembaga ini telah merilis surveinya cagub DKI pada Rabu (25/1/17). Dari hasil survei yang menunjukkan elektabilits dari pasangan Agus-Sylvi yang mencapai 23,6 persen, elektabilitas pasangan Ahok-Djarot 38,2 persen, dan elektabilitas Anies-Sandi mencapai 23,8 persen.

Sedangkan untuk sisa dari responden dalam survei cagub DKI yang masih belum memberikan jawaban atau rahasia sebanyak 14,5 persen. Sedangkan untuk jumlah responden dalam survei yang dilakukan ini sebanyak 808 orang.

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) telah melakukan survei pada 14-22 Januari 2017, dalam penelitian elektabilitas yang telah dilakukan ini mengambil tema “Debat dan Elektabilitas Paslon Pilkada DKI”.

Dan hasil survei cagub DKI tersebut adalah, pasangan Agus-Sylvi sebesar 22,5 persen, sedangkan Ahok–Djarot elektabilitasnya mencapai 34,8 persen, pasangan Anies-Sandi yang mendapatkan elektabilitas mencapai 16,4 persen.

Sedangkan untuk yang tidak menjawab atau rahasia sekitar 16,4 persen. Ada beberapa faktor yang mendasari pemilihan responden dalam survei cagub DKI kali ini. yaitu sebanyak 20,9 persen mengaku sudah ada bukti banyak dan hasil keja nyata, tegtas dan berwibawa sebanyak 15,4 persen, 14,5 persen berpengalaman di pemerintahan, 10,3 memiliki faktor lantaran berpendidikan.

baca juga :

Inilah Moment Paling Menghebohkan Dalam Debat Cagub DKI Tadi Malam, Silvy Anies Bersitegang, Ahok Melerai !

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY