Berita Hari Ini: Basmi Hoax, FB Sudah Punya Cara Ampuh Ini?

0
90
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Basmi Hoax, FB Sudah Punya Cara Ampuh Ini?
Copyright ©smeaker

Basmi Hoax, FB Sudah Punya Cara Ampuh Ini?

Lensaremaja.com – Media sosial facebook sampai saat ini masih menjadi primadona untuk digunakan masyarakat media sosial. Namun FB juga mendapat banyak kritik karena facebook sendiri dianggap telah memfasilitasi penggunanya untuk menyebarkan berita hoax.

Berita hoax sendiri sering sekali tersebar di media sosial facebook dan yang menjadi sorotan terutama berita yang menyangkutkan pejabat negara. Seperti halnya berita hoax yang muncul saat masa pemilihan Presiden Amerika Serikat waktu lalu.

Basmi Hoax, FB Sudah Punya Cara Ampuh Ini?
Copyright ©liputan6

Namun kali ini facebook meluncurkan cara terbaru untuk membasmi berita bohong dari lamannya. Upaya untuk mencegah hoax ini sendiri yakni dengan memberi keterangan pada sebuah artikel dengan menuliskan ‘disputed/diragukan’.

Pemberian keterangan ini dilakukan oleh organisasi pihak ketiga yang melakukan pengecekan fakta terkait kebenaran artikel. Sistem ini sendiri sudah diluncurkan oleh facebook pada bulan Desember tahun lalu.

FB mengumumkan jika akan memeberikan label palsu kepada pengguna yang membuat berita hoax. Jejaring sosial raksasa besutan Mark Zurkerberg ini juga menjalin kerjasama dengan organisasi media terkait dengan hal ini.

Pengecekan khususnya berita dari dunia internsional akan dipimpin langsung oleh media nirlaba Poyner. Media ini sendiri merupakan sebuah media besar yang didalamnya terdiri dari sekitar 42 organisasi.

Dengan diluncurkannya sistem baru oleh facebook ini diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam mengecek berita tidak benar. Pengguna FB dapat memindai dan melaporkan jika ada informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan sebenarnya.

Kemudian setelah informasi tersebut dilaporkan akan ditinjau oleh pihak ketiga atau pengecek fakta dan akan diberikan label ‘fake’. Sistem ini sedniri sudah bisa digunakan oleh seluruh pengguna facebook yang berada di seluruh penjuru dunia.

Basmi Hoax, FB Sudah Punya Cara Ampuh Ini?
Copyright ©smeaker

Hal ini disampaikan oleh FB pada baru-baru ini dan facebook sendiri juga menjelaskan bagaimana sistem ini dapat bekerja. Tak hanya itu ternyata jejaring sosial ini juga membuat suatu sistem yang berisikan bimbingan bagi pembaca agar tidak salah dalam menndai suatu artikel atau berita.

Dengan adanya disitem ini membuktikan jika facebook benar-benar menunjukan keseriusannya untuk memberantas berita hoax. Berita tidak benar atau juga disebut berita hoax ini memang sering beredar di media sosial salah satunya facebook.

baca lain Berita Hari Ini: Polrestabes Surabaya Selidiki Video Hot Pasangan Remaja Mesum di Fitting Room!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY