Berita Terkini: Tanah Longsor Hantam Kawasan Cipaku Bandung!

0
102
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Ilustrasi Lonsor
Copyright ©Ist

Berita Terkini: Tanah Longsor Hantam Kawasan Cipaku Bandung!

Lensaremaja.com – Kawasan Cipaku RT 03 RW 02 Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, telah terjadi bencana tanah longsor. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis sekitar pada pukul 04.15 Wib. Akibat adanya kejadian ini telah memutuskan akses jalan antaran RT 03 dan RT 04.

“Tadi Subuh sebelum adzan, ada suara gumuruh, dan tanah bergetar. saya langsung keluar melihat ternyata longsor,” kata salah satu warga dari RT 03, Dedi (67) pada saat berada dilokasi kejadian.

Dari keterangan yang telah diberikan oleh Dedi, adanya longsor Bandung tersebut terjadi karena adanya rembesan air yang berasal dari selokan yang berada di sekitar kawasan kejadian. Ditambah kontur tanah yang telah berada di lokasi yang ikut dengan Bandung Utara itu telah termasuk tidak stabil.

“Ini (longsor) udah yang kedua kalinya terjadi,” kata dia.

Adanya kejadian ini tidak memakan korban jiwa dari masyarakat sekitar. Hal itu karena pada saat kejadian longsor Bandung tersebut masih belum ada warga sekitar yang telah melakukan aktivitas sehari-hari.

Ilustrasi Lonsor
Copyright ©Ist

Akan tetapi, ada satu bangunan semi permanen yang telah roboh akibat diterjang oleh tanah pada sat kejadian longsor Bandung. Dan juga telah mengakibatkan jalur selokan yang bermuara di kawasan Ledeng yang melintas kawasan tersebut terputus.

Sehingga air yang telah mengalir dalam selokan itu yang langsung mengarah kepemukiman warga sekitar lokasi kejadian lonsor Bandung. Sedangkan badan jalan yang juga telah terputus untuk menghubungkan antaran RT 03 dan RT 04.

Di lokasi kejadian, Camat Cidadap Yasa Hanafiah mengatakan, saat ini pihaknya yang akan melakukan pambangunan untuk jalur selokan tersebut, hal ini dilakukan untuk air yang mengalir diselokan agar sampai ke sungai yang berada di bawa lokasi longsor Bandung.

“Kita akan memasang paralon untuk mengalirkan air ke sungai yang ada di bawah serta menyambungkan ke selokan yang terputus,” ucapnya.

Pihanya mengungkapkan, jika air dari selokan itu dibiarkan, maka dikhawatirkan akan terjadi lonsor susulan pada kawasan tersebut. ditambah adanya hujan yang telah mengguyur kawasan Bandung Utara ini yang akan semakin membuat kontur tanah itu semakin tidak stabil.

baca juga :

Berita Terkini: Begini Tanggapan BPBD Soal Kabar Akan Adanya Longsor Susulan di Ponorogo!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY