Berita Terkini: Inafis Pastikan Foto Hot Firza Husein Asli?

0
164
Share on Facebook
Tweet on Twitter
ahli face recognition Inafis Mabes Polri Hery Cahyono (1)
Copyright ©suara.com

Berita Terkini: Inafis Pastikan Foto Hot Firza Husein Asli?

Lensaremaja.com – Terkait dengan adanya kasus dugaan pornografi ‘baladacintarizieq’, ahli face recognition dari anafis Polri memastikan, kalau foto hot dalam percakapan tersebut bukalah sebuah rekayasa atau itu asli.

BACA JUGA : Berita Terkini: Polisi Sudah Sita HP Habib Rizieq Shibab, Ada Chat Hot dengan Firza Husein?

Setelah dilakukan pemeriksaan pada beberapa foto tersebut, hasilnya adalah adalaha ahli memastikan kalau foto hot dalam percakapan yang beredar beberapa waktu lalu itu adalah Firza Husein.

“Dari pengamatan secara mendetail, disimpulkan bahwa foto yang diserahkan penyidik untuk diperiksa tim Inafis Mabes Polri tersebut asli, bukan rekayasa,” kata ahli face recognition Inafis Mabes Polri Hery Cahyono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (15/5/2017).

Pihaknya menjelaskan, dalam proses pemeriksaan untuk memastikan foto tersebut asli atau tidak ini menggunakan metode algoritma geometrik wajah, hal tersebut dilakukan dengan menggunakan sebuah alat yang telah dimiliki oleh Inafis.

Dari pemeriksaan ini, ahli telah mencocokan beberapa foto yang menjadi barang bukti dengan foto-foto Firza Husein. Foto tersebut telah diambil secara langsung pada saat melakukan pemeriksaan pada 4 Februari 2017 lalu.

“Jadi, ketika kami mendapatkan barang bukti dari penyidik, ada tiga keping CD, yang di dalamnya ada data-data berkaitan dengan foto-foto tersebut. Kita bandingkan, pada saat itu tanggal 4 Februari, kita melaksanakan pemeriksaan secara langsung. Kita memotret wajah FH (Firza Husein) ini, kemudian kita membandingkan dengan sistem yang ada di kami,” tutur Hery.

Chat Firza Husein
Copyright©Radar Islam

Dari hasil pencocokan yang telah dilakukan ini, Hary mengatakan sosok wanita foto hot dalam percakapan yang telah beredar di media sosial itu adalah Firza Husein. “Ya, baik dari sistem algoritma yang saya sebut tadi, dia automatically, jadi hasilnya secara otomatis akan match,” ungkapnya.

BACA JUGA : Berita Terkini: Soal Kasus Firza Husein, Polisi Resmi Keluarkan Surat Jemput Paksa Habib Rizieq Shihab Hari Ini!

Dia mengatakan, sudah mengambil foto langsung dari Firza Husein pada saat kondisi mengenakan krudung di Mako Brimob. Walau begitu, dalam sistem algoritma geometrik wajah yang telah dicocokan telah mendeteksi adanya kesuaian foto di internet dengan foto yang bersangkutan.

“Jadi, saya tekankan, algoritma geometrik wajah ini, dia mendeteksi. Jadi mungkin secara detailnya, ada sistem-sistem yang dia memetakan ada titik-titik geometrik wajah ini. Jadi, meskipun dia berkerudung atau dia ada rambutnya, dia secara sistem bisa membaca seperti itu,” pungkasnya.

Dalam pengambilan foto Firza Husein, telah dilakukan dalam delapan sudut yang berbeda. Sehingga dengan itu, tingkat keakuratan dengan menggunakan sistem algoritma geometrik ini sangat tinggi.

“Jadi memang pada saat kami memotret secara langsung itu, justru kita memotret berbagai angle, (ada) dari samping. Itu untuk memudahkan sistem ini. Ketika datanya lebih akurat, lebih banyak yang kita input, dia akan lebih tajam hasilnya,” tutupnya.

BACA JUGA : Soal Kasus Chat Mesum Habib Rizieq dengan Firza Husein, Ini Harapan Polisi!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY