Kenalan Pria Asal Inggris Lewat FB, Ibu Rumah Tangga Ini Tertipu Hingga Rp 214 Juta!

0
15
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Ilustrasi Peretasan
Copyright ©Al Arabiya

Kenalan Pria Asal Inggris Lewat FB, Ibu Rumah Tangga Ini Tertipu Hingga Rp 214 Juta!

Lensaremaja.com – DS (34) merupakan seorang ibu rumah tangga yang kena tipu oleh kenalannya melalui media sosial Facebook (FB), pria tersebut mengaku kalau berdomisili di London, Inggris. Karena telah terbujuk rayuan yang dilakukan pelaku, akhirnya DS mengirimkan uang sebesar Rp 214,7 rupiah kepada teman yang beru dikenalnya tersebut.

BACA JUGA : Viral di FB, Video Aksi Nekat Perampokan Toko Emas yang Terekam CCTV Ini Bikin Ngakak!

“Uang itu ditransfer korban secara bertahap untuk biaya pengambilan hadiah dari teman korban yang mengaku asal London,” kata Wakapolresta Polresta Pekanbaru, AKBP Edy Sumardi Priadinata, Jumat (4/8/17).

Kejadian itu berawal dari perkenalan yang dilakukan dengan seorang pria yang mengaku bernama Collins Jason. Setelah beberapa waktu kemudian keduanya mulai melakukan komunikasi melalui FB, mereka juga terlibat dalam pembicaraan akrab.

Selang beberapa waktu kemudian, Collins menyatakan kepada korban akan memberikan sebuah hadiah. Melihat apa yang dilakukan oleh Collins, awalnya korban telah menolak pemberian hadiah tersebut.

ilustrasi
Copyright ©ilustrasi

Namun Collins tetap mendesak akan memberikan hadiah tersebut kepada wanita yang dia kenalnya di FB ini sebagai tanda persahabatan. Pria tersebut mengatakan kalau akan mengirimkan hadiah itu langsung dari London ke Indonesia melalui UK Expres.

BACA JUGA : Viral di FB, Beredar Foto Sajadah dengan Gambar Kubah Masjid Mirip Lambang Iblis Hebohkan Netizen!

Beberapa hari berselang, korban telah ditelepon oleh orang yang mengaku dari UK Expres Jakarta. Dengan adanya beberapa alasan yang disampaikan kepada korban untuk menyakinkan kalau barang yang dimaksud sudah sampai dan akan dikenakan beberapa biaya tanggungan untuk barang itu.

Hanya melalui pembicaraan telepon, kemudian korban merasa yakin atas hadiah dari orang yang dikanalnya malalui FB tersebut dan mengirimkan sejumlah uang dengan beberapa kali transfer. Namun DS baru sadar kalau telah menjadi korban penipuan.

Kemudian dia melaporkan kejadian ini kepada polisi untuk melakukan pengusutan lebih lanjut. Hal ini karena barang yang dijanjikan oleh temannya FB tersebut tak kunjung sampai ke rumahnya hingga beberapa hari setelah pengiriman uang.

“Menurut korban dia mulai mentransfer di Bank Bukopin, Jalan Riau, Kecamatan Payung Sekali, Pekanbaru, pada 31 Juli 2017. Akibatnya, korban mengalami kerugian Rp 214.700.000. Kasus masih dalam proses penyelidikan,” jelas Edy.

BACA JUGA : Hati-Hati, Akun FB Anggota DPRD Dipalsukan untuk Lakukan Penipuan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY