Begini Komitmen Yang Sedang Digalakkan Oleh PLN Demi Terangi Pedalaman Papua !

0
536
Share on Facebook
Tweet on Twitter
pembangunan-listrik
Copyright ©infonawacita

Begini Komitmen Yang Sedang Digalakkan Oleh PLN Demi Terangi Pedalaman Papua !

Lensaremaja.com – PT Perusahaan Listri Negara (PLN) yang akan berkomitmen akan melakukan penerangan didaerah pedalaman Papua.  Hal ini melewati selogan Papua Terang 2020. Dan perusahaan kali ini telah berhasil dalam operasinya dan mampu mengelola pembangkit listrik tenaga diesel ( PLTD) pada Kabupaten Deiyai, Papua.

“Keberhasilan ini merupakan kerja sama PLN dengan pemerintah daerah. PLTD telah disediakan pemerintah kabupaten kemudian perusahaan listrik ini mengelola dan mengoperasikannya,” kata Direktur Regional perusahaan listrik negara Maluku dan Papua Haryanto WS saat melakukan peresmian pengelolaan dan pengoperasian PLTD Deiyai, di Kota Waghete, Kabupaten Deiyai, Papua, Kamis (27/10/16).

Haryanto menambahkan, PLTD Deiyai berkapasitas 2×1000 kilo volt ampere (kVa) kini sudah berhasil untuk dioperasikan setalah melakukan Serah Terima Operasi (STO) sistem kelistrikan yang telah diberikan pemerintah daerah kepada PLN.

Dengan ini, PLN dapat secara penuh mengoperasikan dan melakukan pengelolaan untuk penyaluran listrik dan jaringan listrik di Kabupaten Deiyai, Papua Barat. Dan dengan kehadiran listrik ini dihrapkan dapat menigkatkan proses belajar mengajar.

pembangunan-listrik
Copyright ©istimewa

“Ini kesempatan pertama PLN masuk di Deiyai. Saya berharap hadirnya listrik tersebut dapat meningkatkan semangat kegiatan belajar mengajar, ekonomi semakin tumbuh dan informasi dapat diterima lebih baik lagi,” tuturnya.

Pihaknya juga mengungkapkan, pengoperasian perdana PLTD yang  dilakukan ini sudah mendapatkan pelanggan sebanyak 155. Sedangkan untuk potensi para pelanggan lain yang masih belum melakukan pendaftaran sebanyak 1.350.

Menurut salah satu pelanggan PLN yang rumahnya sudah diteragi oleh lampu,mengaku sangaat gembira dengan keadaan ini.  Sebelum adanya listrik ini, rumah tersebut mengenakan tenaga genset untuk menyalakan lampu dimalam hari.

Dengan menggunakan genset selam 5 jam per hari yang juga telah memakan biaya Rp 50.000 perharinya dikarenakan bahan bakar yang dibutuhkan mencapai 5 liter. Dan hal tersebut telah dihabiskannya selama satu hari mencapai pukul 22.00 Wit.

Haryanto berharap dengan adanya aliran listrik PLN ini, akan membawa dampak yang positif bagi seluruh warga yang tinggal di Kabupaten Deiyai. Hal ini karena listrik merupakan salah satu kunci untuk memajukan kesejahteraan rakyat.

baca juga : Berita Hari Ini: Aksi Presiden Jokowi Payungi Gubernur Papua Ini Jadi Perbincangan Hangat Netizen !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY