Kontroversi 2 Ritual Agama Pemakaman Yana Zein!

0
408
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Yana Zein
Copyright©Bintang

Kontroversi 2 Ritual Agama Pemakaman Yana Zein!

Lensaremaja.com – Sempat menjalani pengobatan kanker di Guangzhuo, Cina, artis senior Yana Zein ini akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis 1 Juni 2017 pukul 01.00 WIB. Dia meninggal hanya beberapa hari setelah kembali pulang ke Indonesia dan dinyatakan sembuh 80 persen.

Sedihnya, perdebatan keluarga justru mewarnai prosesi pemakaman sang aktris yang selalu mendapatkan peran antagonis ini. Sang Ibu ini ingin Yana Zein dimakamkan sesuai dengan Agama Kristen namun sang ayah mendadak datang dan meminta prosesi dilakukan sesuai Agama Islam.

Perubahan rencana ini memang bisa dibilang cukup mendadak. Sejak pertama kali diumumkan telah meninggal, Ibunda Yana Zein yang bernama Swetlana Zerin ini sudah mempersiapkan upacara sesuai dengan Agama Kristen.

Baca Juga :Ayah dan Ibu Adu Mulut, Jenazah Yana Zein Sedih Hingga Terlihat Menangis?

Dia berkeyakinan jika Anaknya ini memeluk agama Kristen seperti dirinya. Swetlana Zein mengatakan, “KTP-nya (Yana Zein) aja Kristen. Kalau saya mau dikuburkan dengan Kristen. Agama semua sama, saya kira Yana berhak memilih. Yana ada tantatangan sendiri kalau dia jadi Kristen.”

Berbagai macam rangkaian acara telah di gelar sejak Kamis 1 Juni 2017 malam, mulai dari malam penghiburan. Rencananya Yana Zein ini akan dimakamkan di TPU Kampung Kandang keesokan harinya setelah melalui prosesi tutup peti.

Yana Zein
Copyrigh©Kompas

Namun semua beribah ketika ayah Yana Zein ini datang ke rumah duka Fatmawai. Acara tutup peti yang akan dilakukan saat itu pun mendadak buyar karena Nurzaman Zein ini menuntut supaya sang anak dimakamkan sesuai dengan ritual Agama Islam.

Baca Juga :Mewakili Julia Perez, Manajer Melayat Yana Zein ke Rumah Duka!

Pada Jumat 2 Juni 2017 Nurzaman Zein mengatakan, “Sejak kecil, anak itu lahir saya azankan di telinga kanan dan saya qomatkan di telinga kiri. Sejak kecil saya ajarkan berpuasa, mengaji dan Idul Fitri.”

Ayah Yana Zein ini juga mengatakan, “Jadi saya ke sini baru datang dari Sumatera dan niat saya adalah mengembalikan aqidah anak saya kembali ke Islam. Saya mau memakamkan anak saya secara Islam supaya dia masuk surga.”

Acara tutup peti pun berubah menjadi pengajian. Lanunan surat Al Kafirun, Al Ikhlas, Ayat Kursi, serta Surat Yasin dibacakan di lokasi rumah duka. Akhirnya Jenazah Yana Zein dimakamkan secara Islam di Taman Pemakaman Muslim, Bulak lebar, Cinere, Depok, Jawa Barat.

Baca Juga :Jenazah Yana Zein Harus Disalatkan Dua Kali, Kenapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here