Siap Siap, ,Seluruh SMA di Bogor Bakalan Gelar Ujian Nasional (UN) 2017 Berbasis Komputer !

0
309
Share on Facebook
Tweet on Twitter
UNBK Ilustrasi
Copyright©sentananews

Siap Siap, ,Seluruh SMA di Bogor Bakalan Gelar Ujian Nasional (UN)  2017 Berbasis Komputer !

Lensaremaja.com – Di Kota Bogor, Jawa Barat, seluruh sekolah menengah atas dan sekolah kejurusan yang akan melakukan penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017. Hal ini akan dilakukan untuk seluruh sekolah tersebut.

“Pada tahun ini 100 persen SMA dan SMK menyelenggarakan UNBK,” kata Pelaksana tugas Dinas Pendidikan Kota Bogor, Jawa Barat, Fachrudin, Ahad, 29 Januari 2017.

Fachrudin mengatakan, tahun lalu pelaksaan UNBK ini baru dilakukan pada 28 sekolah SMA/sederajat dari 93 SMA se-Kota Bogor. Sedangkan pada tahun ini semua sekolah SMA dan SMK yang sudah menyatakan kesiapan untuk menjalani Ujian Nasional 2017 dengan berbasis komputer.

Diketahui Ujian Nasional 2017 ini akan dilakukan pada April 2017. Sehingga dengan ini seluruh sekolah SMA dan SMK di Bogor yang sudah mempersiapkan seperti halnya komputer beserta dengan jaringannya dan instansi listrik yang dibutuhkan.

Dan juga telah melakukan persiapan kepada para siswa untuk melakukan pengisian jawaba dari soal-soal ujian, dan melatih kesiapan metal kepada para siswa dalam menghadapi Ujian Nasional 2017 ini.

“Mau tidak mau, siap tidak siap, siswa harus kita siapkan untuk melaksanakan UNBK,” katanya.

Fachrudin mengatakan, seluruh guru dan kepala sekolah yang ada di semua SMA dan SMK ini sudah memberikan persiapan mental kepada para siswanya, hal ini dilakukan untuk menghadapi Ujian Nasional 2017 dengan berbasis komputer.

UNBK
Copyright©jogja.tribunews

Pihaknya menilai, pelaksanaan dari UNBK ini dinyatakan lebih efisien dari sebelumnya, sehingga tidak perlu melakukan pengawalan distribusi soal daro percetakan ke sekolah dan akan berkurangnya kebocoran soal atau mengurangi kecurangan.

“UNBK ini momentum yang baik mengubah paradigma ujian berbasis kertas menjadi ke komputer yang melatih penguasaan teknologi pada anak-anak,” ungkapnya.

Fachrudin mengatakan, kalau adanya kekhawatiran dari beberapa orang tua murid yang mengkhawatirkan kalau anak-anak mereka kesulitan dalam menjawab pertanyaan dari Ujian Nasional 2017 ini yang harus menginduk ke sekolah lain.

Sedangkan dari jenjang SMP, Fachrudin mengungkapkan, masih belum dapat menjalankan Ujian Nasional 2017 dengan berbasis komputer 100 persen. Hal ini karena adanya persiapan matang yang harus dilakukan baik dari infrastruktur dan fasilitas dari komputer.

Kapala Balai Pelayanan Pendidikan Wilayah I Jawa Barat, Heri Pansila mengatakan, Pemerintah Pemprov Jawa Barat yang mengharapkan untuk persiapan UNBK yang berlangsung di SMA/SMK yang telah mencapai 80 persen.

“Target 80 persen itu karena ada keinginan dari pihak sekolah SMA/SMK yang ingin fasilitas milik SMP untuk melaksanakan UNBK,” katanya.

baca juga :

Berita Terkini: Sejumlah Sekolah Siapkan Diri Gelar UNBK !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY