Berita Terkini : Terdampak Longsor Gunung Lempo, Ratusan Warga Dilanda Kelaparan !

Karena Longsor Gunung Lempo, Ratusan Warga Yang Mengungsi Kelaparan !

0
545
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Longsor Gunung Lempo

Karena Longsor Gunung Lempo, Ratusan Warga Yang Mengungsi Kelaparan !

lensaremaja.com– Pasca longsor Gunung Lempo, ratusan pengungsi yang ada di Desa Parombean, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan tengah terancam kelaparan. Hal tersebut di karenakan kurangnya logistic dan bantuan dari pemerintah.

Para pengungsi tersebar di tiga tempat pengungsian yang berada di SD Negeri 194 Batu, Limbong, Mesjid 45 Desa Parombean dan Dusun Roni, Desa Uluwai, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja. Selain kurangnya logistic, mereka juga kekurangan air bersih.

Sampai Jumat, 22 April 2016, keadaan para pengungsi longsor Gunung Lempo tersebut tampak sangat memprihatinkan. Bantuan berupa pakaian dan juga bahan makanan juga belum datang. Hal tersebut membuat para pengungsi mengeluhkan keadaan yang terjadi tersebut.

Walaupun telah dua hari setelah longsor Gunung Lempo, warga belum juga mendapatkan perhatian dari pemerintah. Parombean memang merupakan daera desa yang terpencil, sampai saat ini pun seakan desa tersebut telah luput dari perhatian pemerintah.

Karena belum datangnya bantuan dari pemerintah membuat para warga harus rela selalu berbagi makanan. Tidak sedikit dari mereka, baik orang dewasa maupun anak-anak harus berbagi sepiring makanan untuk banyak orang.

pengungsi

Akibat longsor Gunung Lempo, 4 dusun yang ada di Desa Parombean, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan terisolir. Dua jembatan yang menghubungkan desa telah hancur karena terkena runtuhan lonsor kecil yang masih saja terjadi.

Selain telah terisolir, 4 dusun tersebut juga terancam longsor susulan. Karena reruntuhan longsor kecil masih saja terjadi. Empat dusun tersebut yakni Dusun Buntu Limbong, Dusun Sarang, Dusun Bunga Mendoe, dan Dusun Leto Bara.

Bukan hanya itu, akibat dari longsor Gunung Lempo ini juga menyebabkan dua dusun lagi akan terancam longsor runtuhan susulan, yakni Dusun Tocllo dan Dusun Bau. Karena adanyya longsor tersebut, ratusan kepala keluarga terpaksa harus mengungsi dan mengosongkan rumah mereka.

Namun, sampai saat ini, belum ada penanganan dari pihak BPBD dan juga Dinas terkait. Pemerintah juga belum memberikan perhatian terkait dengan bencana longsor Gunung Lempo tersebut.

baca juga : Berita Hari Ini : Gara Gara Hal Ini, Banjir Di Bekasi Sulit Diantisipasi dan Ditangani ?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY