Apa Itu Exostosis? Gangguan Pada Telinga Seperti yang Dialami Hamish Daud!

0
1578
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Exsostosis
copyright©instagram

Apa Itu Exostosis? Gangguan Pada Telinga Seperti yang Dialami Hamish Daud!

Lensaremaja.com – Salah satu aktor tanah air, Hamish Daud saat ini diketahui sedang menjalani perawatan dengan pihak rumah sakit. dalam akun instagram pribadinya, ia menceritakan bahwa dirinya barusaja menjalani operasi kecil pada telinga kirinya akibat Exsostosis.

Menurut salah satu dokter spesialis telinga, hidung dan Tenggorokan (THT) dari RS PHC Surabaya dan RS Petromikimia Gresik, dr. Artono SpTHT-KL(K), FICS. Exsostosis telinga merupakan respons dari tubuh berupa kelainan pada liang telinga. Kelainan ini berupa pertumbuhan tulang abnormal pada saluran telinga.

“Jadi lapisan tulanganya berpoliferasu begitu ya. Poliferasi itu kan pertumbuhan yang dibilang lebih cepat. Makanya itu jadi membentuk lapisan baru. Seperti ada suatu tonjolan diliang telinga. Itu bisa terlihat kok dari lubang telinga,” Tutur Artono.

Exsostosis bukanlah suatu penyakit yang langka atau berbahaya. Manurut Dokter Artono kasus kejadian penyakit tersebut cukup banyak terjadi. Kebanyakan pasien Eksostosis telinga datang ke dokter THT dengan keluhan pendengarannya berkurang.

Exsostosis
copyright©instagram/hamishdw

“Tidak bahaya kok ini. tidak seperti tumor ganas. Ini termasuk ringan sampai dengan sedang, tidak bahaya. Cuma memang karena liang telinganya menyempit, makanya pendengaran pasien biasanya berangsur berkurang,”imbuhnya.

Dikutip dari situs resmi California Ear Institute, ukuran diameter telinga biasanya sekitar 5-8 mm atau kira – kira seukuran diameter pensil. Dan ketika orang yang terkena Exsostosis maka diameter telinga otomatis akan berkurang dan sedikit menyempit.

Kondisi tersebut akhirnya mengakibatkan penurunan pada pendengaran, jika tidak kunjung diobati, penutupan bisa terjadi terus menerus dan semakin mengurangi pendengaran pasien. Disebutkan juga jika penyakit tersebut tak kunjung diobati membuat lubang telinga menjadi tempuk dan berisiko menimbulkan infeksi pada telinga.

Eksostosis juga timbul akibat paparan air atau angin dalam waktu yang cukup lama. Misalnya, ketika berenang atau berselancar. Mereka yang beresiko mengalami penyakit ini adalah pria yang usianya pertengahan atau akhir 30-an yang sering terpapar air atau angin dingin.

Baca Juga Ini Permintaan Penggemar Untuk Hamish Daud dan Raisa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here