Berita Hari Ini: Wacana Pindah ke Palangkaraya, Begini Jadinya Jika Jakarta Tak Lagi Jadi Ibu Kota?

0
614
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Jakarta
Copyright ©kaskus

Berita Hari Ini: Wacana Pindah ke Palangkaraya, Begini Jadinya Jika Jakarta Tak Lagi Jadi Ibu Kota?

Lensaremaja.com – Adanya wacana kalau ibu kota yang direncanakan akan dipindahkan ke wilayah yang berada diluar Pulau Jawa tengah hangat dibicarakan dalam beberapa waktu ini. Ada beberapa pilihan wilayah yang akan dijadikan ibu kota yang salah satunya adalah Palangkaraya.

Sekarang ini pemerintah yang telah melakukan kajian terkait dengan pemindahan ibu kota ini, hal tersebut telah dilakukan melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas.

Jika ada pemindahan ibu kota, bagaimana nasib Jakarta jika tidak menjadi ibu kota lagi?

Direktur Eksekutif Institute For Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati mengatakan, kalau adanya pemindahan kepada ibu kota yang telah dikabarkan  diluar pulau Jawa tersebut tidak akan memberikan dampak pada Jakarta.

Kata dia, hal tersebut karena Jakarta yang telah sebelumnya menjadi pusat perekonomian terbesar, sehingga hal itu tidak akan memberikan dampak kepada wilayah ini jika sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara.

“Jakarta secara ekonomi sudah punya Tanjung Priok yang konektivitasnya internasional. Ke semua wilayah terhubung. Jadi apa ruginya investasi dan kegiatan ekonomi di Jakarta kalau ibu kotanya pindah?” kata Enny, Jakarta, Jumat (14/4/2017).

Jakarta
Copyright ©Google

Terkait dengan pemindahan ibu kota ke wilayah Palangkaraya atau beberapa pilihan lainnya. Kata Enny, hal tersebut tidak akan berdampak pada kegiatan bisnis yang berada di Jakarta, karena tidak adanya kaitannya dengan adanya masalah birokrasi yang ada sekarang ini.

“Kecuali misalnya bisnis yang katakanlah bersifat kronisme. Tapi kalau bisnis yang komersial enggak ada masalah, kan enggak ada hubungannya dengan ibu kota sebagai pusat ekonomi sekarang dengan kepentingan birokrasi politik. Karena kalau bisnis yang sifatnya komersial itu sudah mekanisme market,” ucapnya.

Namun Enny yang masih mempertanyakan, apakah dengan adanya pemindahan ibu kota ke beberapa wilayah yang salah satunya adalah Palangkaraya ini akan memberikan manfaat kepada wilayah tersebut. Karena untuk mewujudkan rencana tersebut pemeritah perlu melakukan perhitungan yang matang dan menyeluruh untuk memindahkan ibu kota ke Palangkaraya atau beberapa wilayah lainnya.

“Kalau Jakarta sendiri enggak ada masalah, seperti halnya Malaysia, yang ibu kotanya dari Kuala Lumpur di pindah ke Putrajaya. Kuala Lumpur tetap semakin maju pusat kegiatan ekonominya,” tuturnya.

baca juga :

Berita Hari Ini: Ibu Kota Indonesia Akan Pindah ke Palangkaraya, Bagaimana Nasib Jakarta?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY