Hari Tanpa Tembakau Sedunia, KPI Melarang Stasiun TV Tayangkan Iklan Rokok!

0
81
Share on Facebook
Tweet on Twitter
HAri Tanpa tembakau Sedunia
Copyright©pojoksatu

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, KPI Melarang Stasiun TV Tayangkan Iklan Rokok!

Lensaremaja.comHari tanpa Tembakau Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 31 Mei 2017. Peringatan ini dirayakan untuk menarik perhatian dunia tentang  kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan.

Pada Hari Tanpa Tembakau Sedunia, para perokok dihimbau puasa merokok selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Dalam Rangka memperingati Hari Tanpa tembakau ini Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) turut mengeluarkan surat himbauan kepada seluruh stasiun TV Indonesia .

Hal tersebut tertuang dalam surat edaran KPI yang di terbitkan pada tanggal 30 Mei 2017 kemarin. Sehubungan dengan surat Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor PK.02.02/MENKES/187/2017 tertanggal 12 Mei 2017 perihal Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada tahun 2017 ini.

Baca Juga :Peringati Hari Perempuan Internasional 2017, Ini Makna yang Dapat Kita Petik!

Peran serta lembaga penyiaran deibutuhkan dalam upaya mendukung pelaksanaan Hari Peringatakan tersebut. atas dasar hal tersebut, KPI Pusat ini mengimbau kepada seluruh lembaga penyiaran untuk dapat berpartisipasi, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia dengantak menayangkan iklan produk tembakau selama 24 jam pada Rabu 31 Mei 2017 yang di mulai pukul 00.00 sampai dengan pukul 24.00 Waktu setempat.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia,
Copyright©pojoksatu

Seluruh dunia hari ini memperingati hari tanpa tembakau. Peringatakan hari ini pun bertujuan untuk mengingatkan bahaya rokok terhadap kesehatan umat manusia dari segala usia. Karena hal tersebut, dimana – mana para aktivis antirokok ini mengampanyekan bahaya rokok tersebut bagi kesehatan.

Di perkirakan kebiasaan merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa. Negara – negara anggota Organisasi Kesehatan Duni WHO mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada tahun 1987.

Baca Juga :Hari Ini Google Pun Ikut Rayakan Peringatan Hari Kartini Dalam Google Doodle, Kamu ?

Dalam satu darsawarsa terakhir, gerakan ini menuai reaksi baik berupa dukungan dari pemerintah, aktivis kesehatan dan organisasi kesehatan masyarakat ataupun tentangan dari para perokok,petani tembakau dan Industri rokok di dunia ini.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini adalah satu dari banyak hari peringatakan yang terkait dengan upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan kesehatan, termasuk diantaranya Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Hari AIDS Sedunia, Hari Donor Darah Sedunia, dan Hari peringatan yang lain.

Baca Juga :Sejarah dan Tujuan Hari Musik Nasional yang Diperingati Setiap Tanggal 9 Maret!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY